Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sudah Punya 3 Mobil Hybrid di Indonesia, Suzuki Mau Tambah Lagi pada 2024?

Mobil Listrik

Sudah Punya 3 Mobil Hybrid di Indonesia, Suzuki Mau Tambah Lagi pada 2024?

JAKARTA – Suzuki percaya kontribusi model-model mobil hybrid terhadap penjualan mereka di Indonesia akan semakin besar pada 2024. Apakah bakal ada model mobil hybrid yang baru lagi?

Seluruh model elektrifikasi Suzuki di Indonesia saat ini berteknologi mild hybrid. Mereka menyebutnya sebagai SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

‘Serangan’ di pasar elektrifikasi Tanah Air Suzuki mulai pada 2022, ketika meluncurkan Suzuki Ertiga hybrid. Lalu, pada 2023, hadirlah Suzuki Grand Vitara hybrid plus Suzuki XL7 hybrid.

Suzuki XL7 Hybrid

“XL7 hybrid itu, kan, kami luncurkan pada pertengahan tahun lalu. Jadi, sebetulnya belum setahun penuh. Kenapa kami semangat banget (jualan hybrid), karena pada 2024 ini kami punya setahun penuh. Dari Januari-Desember,” kata Assistant to Department Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Randy R. Murdoko menyinggung model mobil hybrid andalan Suzuki tersebut di sela-sela Media Gathering beberapa waktu lalu di Jakarta.

XL7 hybrid memang menjadi yang paling laris, dari tiga model mobil hybrid Suzuki. Kontribusinya mencapai 47 persen, dari total penjualan mobil hybrid Suzuki pada 2023 yang menyentuh 13.557 unit.

Suzuki Ertiga hybrid

Ertiga hybrid ada di urutan kedua, dengan sumbangan 43 persen. Grand Vitara hybrid berada di posisi paling belakang, dengan komposisi 10 persen.

Randy mengklaim bahwa pada 2024 ini, Suzuki  masih bakal mengandalkan tiga model di atas untuk merambah segmen mobil hybrid berharga murah. Belum ada rencana melepas modell mobil hybrid lain.

“Sejauh ini, berdasarkan portofolio produk kami, ya (tiga model itu saja,” akunya.

Suzuki Grand Vitara hybrid

Randy meyakini bahwa transaksi jual-beli model-model mobil hybrid Suzuki pada 2024 bisa berkontribusi lebih dari 40 persen dari total penjualan mobil penumpang Suzuki.

Sebagai pembanding, pada 2023 kemarin, kontribusinya mencapai 36 persen dari total penjualan mobil penumpang yang menyentuh 37.853 unit.

“Pada 2024 ini, strateginya kami adalah suplai penuh dari Januari sampai Desember untuk semua model hybrid. Jadi, secara natural, kami bisa penuhi semua permintaannya. Pastinya, kontribusi model-model hybrid kami tahun ini naik lagi,” tutup dia. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang