Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Hybrid Murah Suzuki Tak Lama Lagi Meluncur, Diduga Ertiga

Berita Otomotif

Mobil Hybrid Murah Suzuki Tak Lama Lagi Meluncur, Diduga Ertiga

JAKARTA - Mobil hybrid murah Suzuki dipastikan mengaspal sebentar lagi di Indonesia. Model tersebut diduga sebagai varian baru Suzuki Ertiga.

Suzuki mengatakan akan menggunakan teknologi mild hybrid untuk meramaikan pasar kendaraan elektrik di Tanah Air. Mereka menyebutnya sebagai Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

“Saya belum bisa bilang pastinya kapan. Tapi, yang jelas tidak akan lama lagi kami dari Suzuki akan meluncurkan yang disematkan Smart Hybrid ini,” ucap Head of 4W Product Development PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yulius Purwanto dalam konferensi pers di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, Rabu (6/4/2022) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pemerintah Indonesia sejak tiga tahun lalu mendorong tumbuh-kembang pasar maupun industri mobil listrik dengan menginisiasi program percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Berbagai insentif fiskal maupun non-fiskal disiapkan untuk konsumen maupun pabrikan. Contohnya tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) spesial untuk mobil mild hybrid, hybrid, plug-in hybrid (PHEV), mobil listrik murni, hingga mobil hidrogen mulai 16 Oktober tahun lalu.

Terkait ini, Suzuki pada November 2021 sempat menjelaskan dasar di balik rencana menjual kendaraan mild hybrid di awal era mobil listrik di Tanah Air.

Menurut pabrikan asal Jepang tersebut, teknologi tersebut memungkinkan mereka mengikuti program pemerintah dengan model-model berharga terjangkau di segmen Rp200-300 juta-an yang ‘gemuk’.

Tahun lalu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga membeberkan bahwa model pertama Suzuki yang dibuatkan versi mild hybridnya adalah Ertiga. Peluncurannya terjadi pada 2022.

Selanjutnya adalah XL7 mild hybrid yang rencananya diperkenalkan tahun depan. Keduanya bakal diproduksi secara lokal.

Yulius belum bisa mengonfirmasi kebenaran kabar Ertiga mild hybrid tahun ini.

“Modelnya apa, kami sekali lagi belum bisa sampaikan dan konfirmasi. Tapi, ya, bisa, lah, dibayangkan,” pungkasnya.

“Saya cuma bisa pastikan kami akan tetap melakukan perakitan lokal. Jadi, mobil apa pun yang dikaitkan untuk Smart Hybrid ini saat ini kami siapkan di pabrik-pabrik kami yang ada di Indonesia. Jadi, jangan khawatir, mobilnya nanti ‘punyanya’ Indonesia,” lanjut Yulius.

Teknologi mild hybrid Suzuki mengandalkan dua komponen utama. Ada Integrated Smart Generator (ISG) ditambah baterai lithium-ion berkapasitas kecil yang membantu kerja mesin Dualjet Suzuki sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar minyak (BBM). [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang