Toyota dan Suzuki Setuju Bikin Mesin Super Irit Bareng

Berita Otomotif

Toyota dan Suzuki Setuju Bikin Mesin Super Irit Bareng

JEPANG – Toyota dan Suzuki makin ‘mesra’. Kerja sama yang dimulai sejak awal 2018 akan diperdalam dengan kesepakatan melakukan pengembangan mesin super irit serta produksi gabungan di India untuk dikirim ke pasar global.

‘Kemesraan’ Toyota dan Suzuki dimulai sejak keduanya melakukan penandatanganan nota kesepahaman pada 6 Februari. Sejak itu, keduanya melakukan berbagai langkah strategis dengan fokus pasar India seperti pengembangan dan produksi mobil listrik bersama pada 2020 dan saling tukar produk untuk dijual di dealer masing-masing.

Kedua pabrikan asal Jepang tersebut, seperti diumumkan dalam situs resmi Toyota pada akhir pekan ini, lalu bersepakat memperluas lingkup kerja sama. Ada tiga topik yang bakal didiskusikan lebih lanjut.

Pertama, Toyota plus anak perusahaan mereka Denso Corporation nantinya menyediakan teknologi yang dibutuhkan agar Suzuki dapat membuat mesin compact dan sangat efisien. Kedua, Toyota Kirloskar Motor Private (TKM) India bakal memproduksi model yang dikembangkan oleh Suzuki, kemudian dijual oleh Toyota maupun Suzuki di negara tersebut melalui dealer masing-masing.

Terakhir, model-model hasil pengembangan Suzuki yang diproduksi TKM bisa diekspor ke Afrika serta negara-negara potensial lain di masa depan. Penjualannya kelak memanfaatkan jaringan penjualan mereka di negara itu. Mereka juga mendalami kolaborasi perihal logistik dan layanan.

President Toyota Motor Corporation Akio Toyoda mengatakan bahwa Suzuki merupakan pabrikan Jepang pertama yang masuk ke pasar India dan mempunyai eksistensi kuat di sana. Bersama-sama dengan Suzuki, pihaknya akan berupaya meningkatkan kualitas mobilitas masa depan dengan mobil-mobil buatan India, baik untuk pasar domestik, Afrika, atau pun negara-negara lain.

Chairman Suzuki Motor Corporation Osamu Suzuki berharap pendalaman kerja sama dengan Toyota mampu menghadirkan kesuksesan lebih bagi keduanya, tak hanya di pasar India tapi juga pasar global.

“Sekarang, kami akan menerima sokongan untuk pengembangan mesin compact dan sangat efisien yang sangat vital bagi kami. Kami akan menaruh fokus besar riset dan pengembangannya,” tukas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual