Toyota Sepakat Jual Mobil Suzuki di India, Begitu pun Sebaliknya

Berita Otomotif

Toyota Sepakat Jual Mobil Suzuki di India, Begitu pun Sebaliknya

TOKYO – Toyota Motor Coporation dan Suzuki Motor Corporation mengumumkan kerja sama produksi dan penjualan di India. Toyota setuju akan menjual mobil Suzuki di ‘Negeri Hindustan’ mulai 2019 dengan logo serta nama berbeda, begitu pula sebaliknya.

Toyota, seperti diwartakan Reuters pada akhir Maret, akan memproduksi dan menyuplai sedan Corolla varian mesin bensin plus mesin hibrida untuk dipasarkan oleh Suzuki. Volume yang didistribusikan sekitar 10 ribu unit setahun.

Adapun Suzuki kelak merakit serta menyalurkan Baleno hatchback varian mesin bensin dan mild-hybrid, juga sport utility vehicle (SUV) kompak Vitara Brezza. Jumlahnya secara total mencapai kisaran 30 ribu sampai 50 ribu per tahun.

Hal ini dilakukan untuk mendorong pangsa pasar Toyota di pasar mobil kelima terbesar sejagad itu. Pasalnya, Suzuki adalah pabrikan nomor satu di India dengan pangsa pasar lebih dari 40 persen tahun lalu berkat penjualan sekitar 1,6 juta unit. Toyota, di sisi lain, hanya memiliki pangsa pasar 3,5 persen di negara ini pada 2017, dengan volume sekitar 140 ribu unit.

Di dalam perjanjian disepakati bahwa Toyota berhak mengganti logo dan nama Baleno Hatchback, Vitara Brezza. Suzuki diberi izin pula mengganti logo plus nama Corolla. Kolaborasi ini akan dijalankan mulai pertengahan 2019.

Kerja sama Toyota-Suzuki di India membuat hubungan dua pabrikan asal Jepang ini makin mesra. Pada kuartal ketiga 2016, duo ini bergandengan dalam riset dan pengembangan mobil ramah lingkungan, fitur keamanan, maupun teknologi informasi kendaraan.

Pada Februari 2017, keduanya mengumumkan kerja sama pembuatan serta peluncuran mobil listrik di India pada masa mendatang. Eksekusi dari rencana ini bakal dilaksanakan pada 2020. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual