Tambah Boneka Anak, Cara Toyota Tingkatkan Keselamatan

Berita Otomotif

Tambah Boneka Anak, Cara Toyota Tingkatkan Keselamatan

TOYOTA CITY – Toyota Motor Corporation (TMC) menambahkan tiga model dummy yang mewakilkan anak-anak, untuk meningkatkan keselamatan di jalan.

Boneka dummy dengan range usia 3, 6 dan 10 tahun untuk menguji tingkat keselamatan pada anak-anak. Ketiga boneka ini melengkapi model sebelumnya (Ver.4) yang akan menjalani virtual crash dummy software.

Boneka dummy ini mampu untuk mendeteksi cedera yang dialami oleh anak-anak saat mengalami kecelakaan. Melalui pengujian yang disimulasikan melalui komputer, penjualan model baru dari boneka dummy ini dimulai pada Maret mendatang.

Artikel bersambung dibawah

Boneka dummy Total Human Model for Safety (THUMS) ini berguna meningkatkan kinerja peranti keselamatan pada anak-anak khususnya airbag. Produk baru dari Toyota ini juga digunakan oleh motorsport Nascar untuk mengurangi kemungkinan patah tulang rusuk pembalap.

Ketiga THUMS baru Toyota memiliki ukuran berbeda-beda. THUMS sepuluh tahun memiliki tinggi (138 cm), enam tahun (118 cm) dan tiga tahun (94 cm). Adapun THUMS Ver.4 memiliki fisik layaknya rata-rata anak pada umumnya seperti laki-laki bertubuh besar (189 cm), Laki-laki dewasa (179 cm), dan perempuan kecil (153 cm).

Sejak THUMS edisi pertama diluncurkan, boneka ini terus mendapat perbaikan. Versi keempat model ini terdapat penambahan pada bagian otak dan beberapa organ internal. Kemudian versi terbaru menyematkan otot yang menyerupai manusia umumnya.

Pembuatan THUMS versi anak-anak ini bekerjasama dengan Wayne State University, University of Michigan dan Safety Research Center. Pengerjaan sendiri dilakukan di Toyota Technical Center di Ann Arbor, Michigan. [Dew/Idr]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support