Toyota Bangun Fasilitas Pengujian Kendaraan Otonom

Berita Otomotif

Toyota Bangun Fasilitas Pengujian Kendaraan Otonom

MICHIGAN - Toyota lebih memilih membangun fasilitas tes untuk kendaraan otonom sendiri ketimbang mengujinya di jalan raya.

Pembangunan tersebut dilakukan karena Toyota memandang menguji mobil otonom di jalan raya masih terlalu berbahaya. Fasilitas test kendaraan otonom Toyota tersebut dibangun di Michigan Technical Resource Park dengan nama Toyota Research Institute.

Fasilitas penelitian ini menepati lahan seluas 24, 2 hektar dan telah dibangun dengan beragam fitur untuk menyerupai kondisi lingkungan yang sebenarnya. Sebut saja jalan perkotaan, jalan tol empat lajur serta jalan dengan permukaan licin.

“Dengan membangun fasilitas sendiri, kami dapat mendesain lingkungan sesuai dengan kebutuhan dan membuat perkembangan yang lebih cepat, khususnya dengan mode Toyota Guardian automated vehicle,” ungkap Ryan Eustice, Head of TRI’s Autonomous Vehicle Program.

Ia pun menambahkan bahwa fasilitas ini memberikan kesempatan bagi Toyota untuk membuat skenario jalanan yang lebih kompleks. Dengan demikian maka kendaraan otonom Toyota diharapkan dapat lebih aman tanpa resiko memakan korban jiwa.

“Dengan fasilitas ini membuat kami lebih fleksibel dalam membuat skenario mengemudi yang akan berdampak positif pada teknologi kami,” tambahnya kemudian.

Michigan Technical Resource Park adalah sebuah fasilitas independent di Ottawa lake. Toyota sendiri menyewa sejumlah lahan untuk membangun fasilitas pengujian kendaraan otonom. Fasilitas tersebut direncanakan akan dibuka pada bulan Oktober 2018 dan setelah itu diharapkan program mobil otonom Toyota akan lebih berkembang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar