Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Investasikan $500 juta Pada Uber

Berita Otomotif

Toyota Investasikan $500 juta Pada Uber

TOKYO – Toyota Motor Corporation (TMC) melakukan investasi sebesar $500 juta pada Uber Technologies, Inc. (Uber) untuk pengembangan mobil otonom.

Nantinya, teknologi mobil otonom yang mereka miliki akan diaplikasikan pada mobil Toyota dan digunakan untuk layanan Uber. Tak hanya itu, kerjasama ini juga diharapkan bisa membuat Toyota mengejar ketertinggalan mereka pada teknologi mobil otonom.

“Menggabungkan Uber sebagai salah satu perusahaan taksi online dengan produsen kendaraan dapat lebih memajukan mobilitas masa depan. Perjanjian dan investasi ini menandai tonggak penting dalam transformasi kami untuk menjadi perusahaan yang membantu menyediakan perluasan mobilitas masyarakat,” ungkap Shigeki Tomoyama, Executive Vice President, TMC, and President, Toyota Connected Company.

Kerjasama di antara mereka diyakini akan berdampak besar terhadap perkembangan kendaraan otonom di masa depan. Keduanya bahkan mempersiapkan diri karena mobil otonom suatu saat bisa menguasai pasar retail dan mobil-mobil tersebut akan dioperasikan oleh operator pihak ketiga.

“Ini adalah pertama kalinya Uber bekerjasama dengan perusahaan lain di bidang teknologi mobil otonom dan menjadi sinyal bagi kami untuk membawa teknologi dunia pada seluruh jaringan Uber. Tujuan kami adalah untuk menciptakan mobil otonom teraman di dunia dan kerjasama ini merupakan langkah besar untuk menuju ke sana,” ungkap Dara Khosrowshahi, CEO Uber.

Toyota Sienna adalah mobil yang rencananya akan dikembangkan untuk menjadi mobil otonom oleh Toyota dan Uber. Mobil tersebut akan disematkan dengan teknologi Autono-MaaS (autonomous-mobility as a service) yang merupakan gabungan teknologi dari Uber Autonomous Driving System dan Toyota Guardian automated safety support system.

Toyota nantinya juga akan melengkapi mobil otonom tersebut dengan Mobility Services Platform (MSPF) yang memberikan informasi infrastruktur untuk mobil terkoneksi. Diharapkan pada 2021, mobil tersebut sudah bisa beroperasi untuk Uber. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang