Jasa Marga Berhasil Mendapat Laba Bersi Rp 1,40 Triliun

Berita Otomotif

Jasa Marga Berhasil Mendapat Laba Bersi Rp 1,40 Triliun

JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) -- operator jalan tol di Indonesia -- mengumumkan hasil pendapatan yang positif di tahun 2014.

Tercatat, Jasa Marga berhasil mendapat laba bersih sebesar Rp 1,40 triliun. Pencapaian ini disokong dari beragam sektor seperti Pendapatan Usaha (di luar Pendapatan Konstruksi) yang berhasil mencapai Rp 7,23 triliun atau meningkat sebesar 14,6% dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 6,31 triliun.

Sementara Jasa Marga juga melayani lalu lintas dengan volume lalu lintas transaksi sebesar 1,32 miliar kendaraan atau meningkat 4,4% dari tahun lalu sebesar 1,26 miliar kendaraan.

Dari Pendapatan Usaha tersebut, Pendapatan Tol  meningkat sebesar 14,5% dari Rp 5,80 triliun menjadi Rp 6,65 triliun. Sedangkan Pendapatan Usaha Lainnya mengalami peningkatan sebesar 14,7% menjadi Rp 583 miliar dari tahun lalu sebesar Rp 508 miliar.

Sayangnya, pendapatan konstruksi Jasa Marga mengalami penurunan dari Rp 3,96 triliun pada tahun 2013 menjadi Rp 1,95 triliun pada tahun 2014 atau sebesar 50,9%. Hal ini disebabkan menurunnya aktivitas konstruksi dengan telah dioperasikannya 3 Ruas Jalan Tol Baru, yaitu Jalan Tol Semarang-Solo Ruas Ungaran Bawen, Jalan Tol Bogor Ring Road Ruas Kedung Halang-Kedung Badak, dan Jalan Tol JORR W2 Utara.

Pada tahun 2014, penyerapan CAPEX mencapai Rp 4,82 triliun atau 89,4% dari rencana, di mana Rp 3,23 triliun digunakan untuk pembangunan Ruas Tol baru. Aset Perseroan meningkat sebesar 13,5% menjadi Rp 31,86 triliun pada tahun 2014.

Seiring dengan ekspansi pembangunan ruas jalan tol baru yang dilakukan Perseroan, beban  bunga telah mencapai Rp 1,22 triliun. Namun, Perseroan mampu untuk tetap mempertahankan pertumbuhan EBITDA sebesar 16,7%  (dari Rp 3,40 triliun pada tahun 2013 menjadi Rp 3,97 triliun pada tahun 2014).

Di tengah ekspansi yang sedang dilakukan oleh Perseroan, ratio-ratio utama Perseroan (DER dan ICR) merefleksikan kapasitas financial yang besar untuk ekspansi pembangunan jalan-jalan tol baru selanjutnya. Berdasarkan ratio-ratio tersebut Perseroan memiliki kemampuan untuk melakukan investasi baru senilai Rp 28 triliun atau setara dengan 280 km jalan tol baru.

Tak hanya itu, Jasa Marga juga berencana untuk meningkatkan pelayanan di bidang transaksi dengan meningkatkan jumlah Gardu Tol Otomatis (GTO). Jasa Marga berencana untuk meningkatkan GTO menjadi 272 gardu atau setara dengan 30% ndari total Gardu yang berperasi saat ini.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual