Cuaca Ekstrem, Cek 5 Komponen Sebelum Tahun Baruan di Luar Kota

Panduan Pembeli

Cuaca Ekstrem, Cek 5 Komponen Sebelum Tahun Baruan di Luar Kota

JAKARTA – Cuaca ekstrem berpotensi menyambut libur di penghujung 2019, menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG). Di saat-saat seperti ini, cek bermacam komponen termasuk yang terkesan simpel dan sering dilupakan.

BMKG, seperti dikutip dari laman daring Sekretariat Kabinet belum lama ini, menjelaskan adanya potensi cuaca ekstrem selama libur Natal 2019 dan tahun baru 2020. Berdasarkan ZOM (Zona Musim), 74 persen wilayah Indonesia sekarang sudah memasuki musim penghujan.

Masyarakat yang berlibur menggunakan mobil pribadi pada momen ini diperkirakan masih amat banyak. Dalam kondisi curah hujan tinggi, tentu saja mereka yang bepergian dengan kendaraan sendiri harus mempersiapkan kondisi diri dan kendaraan dan waspada selama perjalanan.

Ada beberapa hal di kendaraan yang mesti diperiksa sebelum mulai bertamasya. Berikut ini adalah daftarnya yang Mobil123.com sarikan dari berbagai sumber.

1. Wiper
Wiper merupakan komponen kecil yang sering kita tak perhatikan kondisinya. Padahal, ketika musim hujan, fungsinya amat vital.

Keadaan wiper yang buruk dapat mengganggu jarak pandang serta visibilitas ke arah depan ketika hujan. Kecelakaan minor hingga berat dapat terjadi.

Karena itu, cek kemampuan wiper menyeka air. Hal ini bisa dilakukan sendiri berbekal keran dan selang air. Jika sudah tidak optimal, jangan lalai untuk menggantinya.

2. Lampu
Bicara visibilitas, ada satu komponen lagi yang berperan penting yaitu lampu. Pencahayaan prima amat diperlukan dalam kondisi hujan berat.

Periksa pula lampu rem serta lampu belakang. Anda tentu tak ingin mengalami tubrukan dari belakang hanya karena dua komponen itu tidak bekerja dengan baik.

3. Ban
Ban ialah komponen yang menghubungkan langsung kendaraan dengan permukaan jalan. Masalah pada ban bisa berdampak sangat besar terhadap laju kendaraan dan berbagai skenario buruk pun bisa terjadi.

Tapak ban yang sudah habis atau malah telah ‘gundul’ bisa membuat mobil selip atau tergelincir. Cara mudah mengeceknya adalah melihat apakah permukaan ban sudah menyentuh Tread Wear Indicator (TWI) yaitu logo segitiga kecil pada sisi samping ban.

Tekanan ban pun mesti dicermati. Jangan kurangi atau tambah tekanan, cukup ikuti instruksi di buku manual.

4. Rem dan Minyak Rem
Komponen selanjutnya yang mesti dipastikan dalam kondisi baik adalah rem. Cek ketebalan kampas rem.

Apalagi jika mobil sudah berdecit ketika pedal rem diinjak. Pedal rem terasa lebih dalam ketika diinjak juga jadi pertanda lain. Jangan lupa pula melihat level ketinggian minyak rem di balik kap mesin.

5. Kelistrikan
Terakhir adalah mengecek sistem kelistrikan kendaraan. Dalam kondisi hujan bagian bawah mobil hingga sektor jantung pacu pastinya terciprat oleh air. Jika ada kabel-kabel yang terkelupas, korsleting bakal terjadi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar