Pintu Masuk Contraflow Tol Dalam Kota Dipindah

Berita Otomotif

Pintu Masuk Contraflow Tol Dalam Kota Dipindah

JAKARTA – Jasa Marga Regional JabotabekJabar bekerjasama dengan Kepolisian akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas dengan merelokasi pintu masuk contraflow Jalan Tol Dalam Kota.

Titik awal contraflow yang semula terletak di Km 1+700 Cawang akan dipindahkan ke Km. 0+200 Halim, dengan titik akhir contraflow di Km 8+100 (Senayan) atau masih sama dengan lokasi semula. Uji coba ini akan akan dilaksanakan dalam dua minggu selama lima hari kerja, yaitu hari Rabu-Jumat, 7-9 Agustus 2019 dan Senin-Selasa, 12-13 Agustus 2019, setiap pukul 06.00 - 10.00 WIB.

Dipindahkannya titik awal tersebut menyebabkan pengguna contraflow saja pengguna jalan dari arah Halim saja. Dengan demikian, diharapkan tidak ada kendaraan yang crossing dari arah tol Jagorawi untuk memaksa masuk di titik awal contraflow. Kondisi tersebut disebut sebagai salah satu penyebab terjadinya kepadatan di simpang Susun Cawang.

“Kami harap uji coba ini berjalan dengan efektif, sehingga dengan berkurangnya konflik lalu lintas di SS Cawang tersebut dapat memberikan manfaat untuk pengguna jalan, tidak hanya lebih lancar namun juga jauh lebih aman,” ujar Reza Febriano, Regional JabotabekJabar Division Head Jasa Marga.

Sosialiasi terkait ujicoba ini pun dilakukan dengan beragam cara, termasuk dengan memanfaatkan media sosial, spanduk, dan Variable Message Sign (VMS). Ketiga cara tersebut dinilai masih efektif karena pengguna jalan tol terbilang cukup mempehatikan pengumuman tersebut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar