Tips Persiapan Riding di Masa Pandemi

Berita Otomotif

Tips Persiapan Riding di Masa Pandemi

JAKARTA – Riding di masa pandemi memerlukan perhatian khusus agar tetap aman dari bahaya virus yang bertebaran di luar rumah.

Seperti diketahui bahwa menggunakan kendaraan pribadi merupakan cara yang paling aman dalam beraktivitas pada masa pandemi. Sepedamotor menjadi salah satu pilihan efektif karena cukup efisien. Namun mengendarai kendaraan jenis ini memerlukan perhatian lebih agar tidak membahayakan diri sendiri atau pengguna jalan lain.

Pada masa PSBB Transisi atau new normal, banyak kebiasaan baru yang harus diterapkan sebelum memulai perjalanan. Adaptasinya antara lain adalah pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker, jaga jarak dan paling penting tetap berkendara secara aman.

Sebelum memulai perjalanan, ada beberapa hal yang perlu untuk mendapat perhatian. Persiapan yang matang diperlukan agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Adapun persiapannya seperti di bawah ini dikutip dari Johannes Lucky pada acara bincang virtual FORWOT bersama PT Astra Honda Motor.

  • Urgensi

Mengingat masih banyaknya virus di luar sana, sangat diperlukan seberapa penting kita melakukan perjalanan. Jika masih bisa digantikan dengan aktivitas dari rumah, pertimbangkan untuk tidak keluar apalagi riding.

  • Regulasi

Pada masa pandemi seperti saat ini, sangat penting untuk mengetahui wilayah yang akan dituju. Jika destinasi yang dituju merupakan zona merah, sebaiknya urungkan perjalanan.

  • Fisik

Riding dalam kondisi fisik yang tidak fit tidak hanya membahayakan diri sendiri, namun bisa membahayakan orang lain. Sebaiknya riding hanya dilakukan saat kondisi fisik prima.
Tips Persiapan Riding

  • Riding Gear

Jika sebelumnya riding diwajibkan untuk menggunakan riding gear yang aman. Pada masa pandemi, wajib ditambahkan masker, hand sanitizer dan tas tambahan untuk menyimpan riding gear secara aman.

Selain itu pengendara juga diwajibkan untuk menggunakan helm yang memiliki visor sebagai upaya preventif paparan langsung virus di udara.

  • Rute

Pengendara harus pandai memilih rute yang aman saat hendak keluar rumah. Sebisa mungkin hindari jalanan yang padat atau kerap terjadi kemacetan parah. Pengendara juga diharapkan memilih waktu yang tepat sebelum memulai perjalanan.

“Melihat kondisi yang ada, pertumbuhan kasus positif covid-19 terus meningkat. Pengendara harus bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru sebelum memulai perjalanan,” ucap Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Selasa, 04 Agustus 2020. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar