Test Drive Honda Civic Hatchback RS: Ketampanan Setengah Miliar Rupiah

Berita Otomotif

Test Drive Honda Civic Hatchback RS: Ketampanan Setengah Miliar Rupiah

JAKARTA – Tampan. Itulah satu kata pertama yang muncul di benak ketika melihat penampakan Honda Civic hatchback RS.

Harus diakui, Civic hatchback RS yang baru meluncur di Indonesia pada 6 Februari 2020 tidak memiliki banyak ubahan ketimbang model sebelumnya. Dibandingkan Civic hatchback S dan E—dua varian yang tidak lagi dijual dan digantikan Civic hatchback RS—diferensiasi hanya terdapat pada aksesoris.

Pada mobil berdesain biasa, perbedaan seminim itu mungkin akan menimbulkan komplain. Tapi, desain Civic hatchback generasi ini memang pada dasarnya sudah amat ganteng.

Performanya, berdasarkan hasil uji kendara (test drive) Mobil123.com dan rekan media massa lain pada 19 Februari 2020 kemarin dengan rute Senayan – Serpong – Senayan, juga cukup impresif. Tetap ada beberapa catatan untuk mobil seharga hampir setengah miliar rupiah (Rp 499 juta on-the-road Jakarta) ini. Berikut adalah ulasannya.

Eksterior dan Interior
Inti perbedaan Civic hatchback RS dengan Civic hatchback S dan E hanya ada di aspek ini. Pada bagian eksterior depan, kini terdapat bemper depan baru plus aero kit tambahan.

Di buritan, terdapat bemper baru dengan penambahan diffuser. Ada pula desain knalpot anyar yang pemosisiannya berada di bagian tengah – bawah bodi. Emblem RS terlihat baik di gril depan maupun belakang.

Pada sisi samping, terlihat dua hal yang berbeda. Pertama ialah pelek 17 inci baru dengan dua nada warna (two-tone colour), sedangkan yang kedua adalah side garnish.

Berlanjut ke kabin, nuansa sporty ingin diperkuat lewat balutan material kulit plus jahitan merah. Hal ini terdapat di berbagai sektor seperti setir kemudi, tuas transmisi otomatis CVT, konsol tengah, jok kursi, maupun di sisi pintu.

Honda juga memberikan desain pedal baru. Pedal gas maupun rem sekarang dilapisi material logam berwarna kromium, lagi-lagi demi nuansa sporty.

Fitur-Fitur
Kelengkapan fitur sama sekali tak ada peningkata ketimbang sebelumnya. Terdapat lampu depan dan DRL LED, Rear Combi Lamp serta LED Light Bars, Capacitive Touch Screen 7 Inchi with Smartphone Connectivity (iOS dan Android), Steering Switch Control, Hands-Free Telephone Switch, Paddle Shift, Cruise Control, Smart Entry, Rain Sensing Windshield Wiper, Rear Parking Camera.

Ada pula sistem pengereman ABS+EBD+BA, rangka G-CON and ACE, 6 Airbag, ISOFIX and Tether, Electric Parking Brake with Auto Brake Hold, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Brake Override System, Emergency Stop Signal.

Satu catatan adalah ketiadaan beberapa fitur yang sekarang makin tampak umum di mobil seharga ini, atau bahkan yang lebih murah. Kaca spion, misalnya, tidak menutup – membuka sendiri ketika mobil dinyalakan serta dimatikan.

Fitur-fitur ‘eksotis’ juga tak diketemukan. Contohnya ialah Panoramic Sunroof maupun Wireless Charging yang saat ini bahkan sudah ada di SUV Rp 300 juta-an.

Performa
Jangan keburu mengeluh karena mesin Civic hatchback RS tidak diutak-atik. Ya, sistem penggerak masih mengandalkan mesin bensin 1.5-liter VTEC Turbo Earth Dreams Technology dengan tenaga 170,6 hp serta torsi 220 Nm yang dipadukan dengan transmisi otomatis CVT.

Akan tetapi, mesin terkininya masih amat cukup memberikan rasa berkendara sporty. Putaran mesin amat cepat naik dan perpindahan gigi amat mulus, sehingga akselerasinya ciamik.

Di jalan tol menuju Serpong yang tak begitu padat, Mobil123.com mampu menggeber sampai 170 km/jam dengan mudah. Kaki-kakinya rigid sehingga manuver bisa dilakukan dengan amat stabil, bahkan saat menerabas tikungan agak tajam dengan kecepatan di atas 100 km/jam.

Ini terjadi dalam mode berkendara biasa, belum mode ‘Sport’. Pengemudi yang sedang ingin menghemat BBM juga dapat memasang mode ‘Econ’. Bagi yang ingin sensasi lebih, terdapat Paddle Shift pada setir.

Setir tak terlalu ringan di kecepatan rendah, mirip seperti setelan mobil-mobil Mercedes-Benz. Sebagian orang mungkin tak suka hal ini, tapi ada pula yang menyenanginya karena mobil seakan mencengkeram lebih mantap ke permukaan jalan.

Kesimpulan
Tidak bisa tidak, Anda akan ganteng maksimal jika menaiki Civic hatchback RS. Ini terlihat dari tengokan para pengguna jalan lain saat mobil ini lewat.

Performa pun sudah cukup mewakili tampang galaknya. Tapi, mobil ini bukan untuk Anda yang masih amat menuntut kelengkapan fitur luar biasa saat membayar setengah miliar rupiah. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support