Tesla Siap Keruk Untung di India pada 2021

Berita Otomotif

Tesla Siap Keruk Untung di India pada 2021

SILICON VALLEY - Tesla siap masuk ke pasar India pada 2021 bertepatan dengan rencana pemerintah setempat untuk fokus beralih ke kendaraan listrik tahun depan.

Niat Tesla untuk masuk pasar India secara terbuka disampaikan langsung oleh Elon Musk sang CEO. Pria nyentrik ini mengutarakan niatnya melalui serangkaian postingannya di Twitter.

Postingan lewat akun Twitter pribadinya tersebut merupakan balasan dari Tesla Club India. Mereka menampilkan postingan dengan pesan lewat 2 kaos hitam bertulisankan "India ingin Tesla" dan "India Love (simbol hati) Tesla"

Musk kemudian langsung meresponnya dengan jawaban "Ya". Dan kemudian disusul dengan  "tahun depan pasti" dan dilanjut dalam jawaban di postingan terpisah "terima kasih sudah menunggu".

Jika terealisasi, Tesla masuk ke India pada saat yang sangat tepat dan bisa membawa untung besar. Karena menurut rencana, Perdana Menteri India Narendra Modi pada 2021 akan semakin fokus untuk mempromosikan penggunaan dan pembuatan kendaraan listrik di negerinya.

Untuk diketahui, demi mewujudkan penggunaan kendaraan listrik secara masif, Pemerintah India memang sedang mempersiapkan diri. Salah satunya adalah menawarkan insentif sebesar $ 4.6 miliar atau sekitar Rp 68.5 triliun untuk perusahaan yang berminat membuat baterai kendaraan listrik secara lokal di India.

Jika benar-benar bisa melakukan hijrah besar-besaran ke kendaraan listrik, India disebut dapat memangkas tagihan impor yang sangat besar hingga $ 40 miliar atau hampir Rp 600 triliun pada tahun 2030.

Pada awal transisi penggunaan kendaraan listrik, India akan mempertahankan pajak impor sebesar 5 persen untuk jenis baterai tertentu hingga 2022. Namun setelahnya, agar manufaktur lokal berkembang, pajak impor tersebut akan dinaikan hingga 15 persen.

Pasar mobil India sendiri saat ini tengah merasakan efek pandemi COvid-19 menyusul catatan perlambatan permintaan pada 2019. Pabrikan-pabrikan mobil di sana saat ini sedang mencari dukungan pemerintah untuk meningkatkan penjualan.

Musk sendiri kabarnya memang sudah ingin masuk India sejak beberapa waktu lalu. Pada tahun 2019, Ia memberikan komentar terhadapat pasar India ketika ditanya "Bagaimana dengan India Pak?".

“Akan sangat senang berada di sana tahun ini. Jika tidak, pasti tahun selanjutnya (2020)," kata Musk pada Maret 2019 sebelum pandemi Covid-19 meluas. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar