Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Bos Tesla Elon Musk Mau Bikin Cip untuk Dimasukkan ke Otak

Berita Otomotif

Bos Tesla Elon Musk Mau Bikin Cip untuk Dimasukkan ke Otak

CALIFORNIA – CEO Tesla Elon Musk mengeluarkan ide ‘gila’ lagi. Kali ini, ia ingin membuat komputer kecil berbentuk cip untuk ditanam di otak manusia.

Cip tersebut, seperti dilaporkan Digital Trends baru-baru ini, sedang dikembangkan oleh startup (perusahaan rintisan) bernama Neuralink yang didirikan oleh Musk sejak 2016. Fokus mereka ialah riset dan pengembangan teknologi syaraf (neurotechnology).

Melalui cip tersebut, Musk ingin menyatukan otak manusia dengan kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) untuk berbagai tujuan. Di antaranya, berdasarkan apa yang ia jelaskan melalui Twitter, adalah mengobati berbagai gangguan otak serta menjaga dan meningkatkan kemampuan organ terpenting pada tubuh manusia itu.

Orang terkaya kelima dunia tersebut mengklaim bahwa cip Neuralink akan bisa mengobati gangguan otak seperti Obsessive-Compulsive Dissorder. Kemampuan lainnya adalah mengontrol kadar dari hormon seperti oksitosin, serotonin, dan lain-lain sehingga manusia dengan cip ini dapat mengurangi gejala panik, kecemasan berlebih, bahkan juga depresi serta adiksi (ketagihan).

Seorang ilmuwan komputer, Austin Howard, bertanya via Twitter apakah cip berukuran satu inci tersebut nantinya bisa pula mengontrol dan memainkan musik streaming langsung ke otak. Jawaban Musk amat singkat dan positif.

“Ya,” tulis pendiri banyak perusahaan seperti PayPal, Tesla, SpaceX, maupun The Boring Company tersebut belum lama ini.

Proses memasukkannya ke otak disebut-sebut mirip dengan prosedur operasi mata Lasik. Neuralink sebenarnya pernah memberikan penjelasan resmi mengenai benda ajaib yang mereka sebut ‘N1’ ini pada musim panas 2019. Sejak itu, mereka bekerja dalam diam.

Akan tetapi, Musk sebagai orang nomor satu di sana terkadang membahas atau memberikan sedikit bocoran mengenai media sosial sejak permulaan 2020. Ia mengklaim banyak sekali perkembangan yang terjadi sejak N1 terakhir kali dipresentasikan.

“Lihatlah nanti perbedaan versi terbaru versus versi yang kami presentasikan kepada Anda tahun lalu,” tukas dia pada Maret silam.

Neuralink, menurut lelaki dengan visi ‘gila’ ini, berencana menjelaskan detail perkembangan terbaru proyek cip otak mereka sebentar lagi. Jika tak ada aral melintang, acara itu bakal digelar pada 28 Agustus 2020. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang