Tesla Ingin Bikin Mobil Sesuai Selera Konsumen di China

Berita Otomotif

Tesla Ingin Bikin Mobil Sesuai Selera Konsumen di China

BEIJING – Tesla, seperti semua pabrikan otomotif, amat mengincar pasar China. Mereka bahkan berniat membuat mobil yang benar-benar didasarkan atas selera konsumen di sana.

Tesla, seperti dikutip dari pemberitaan Carscoops baru-baru ini, mengundang para desainer untuk mengirimkan desain mobil listrik yang sesuai dengan pasar ‘Negeri Tirai Bambu’. Sayembara ini diumumkan melalui akun resmi Tesla di platform media sosial WeChat yang juga berasal dari sana.

Mereka tidak menyebutkan bahwa desainer itu harus berdomisili di negara komunis tersebut, atau mesti warga negara China.

China memang pasar yang amat menggiurkan. Negara ini punya penduduk terbanyak di dunia, juga telah menjadi pasar otomotif terbesar di dunia baik untuk mobil konvensional maupun mobil listrik.

Tesla sendiri merupakan pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat. Mereka juga menjadi merek mobil listrik terlaris di ‘Negeri Paman Sam’ hingga detik ini.

Rencana Tesla membuat mobil listrik dari sayembara desain di China belum jelas, baik dari sisi model maupun waktu peluncuran. Saat ini, Tesla sudah menjual empat model yaitu Model S, Model Y, Model X, maupun Model 3. Mereka juga segera menjual double cabin Cybertruk plus mobil sport Roadster.

Keinginan Tesla mempunyai model yang khusus menyasar China pertama kali diutarakan oleh sang pendiri pabrikan tersebut, Elon Musk, pada Januari 2020. Di dalam seremoni pengiriman unit Tesla Model 3 di Shanghai, sosok nyentrik ini mengatakan kemungkinan bahwa pihaknya akan memiliki model yang spesifik dibuat untuk penduduk negara tersebut.

Ia juga membeberkan niat membangun pusat desain di sana. Namun, untuk urusan itu, Musk tidak menyebutkan secara spesifik waktunya.

“Saya pikir akan sangat keren jika kami membuat pusat desain dan enjinering di China, untuk membuat mobil orisinil China untuk konsumsi dunia. Ini akan kami lakukan, akan kami coba lakukan. Pemikiran tersebut menggugah antusiasme saya. Saya rasa China adalah salah satu tempat seni terbaik di dunia dan saya rasa itu adalah sesuatu yang bisa diapresiasi dalam basis global. Itu harus dilakukan, kami akan lakukan,” papar dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar