Tenang, KPK Diminta Kawal Pelaksanaan Formula E 2022 di Jakarta

Berita Otomotif

Tenang, KPK Diminta Kawal Pelaksanaan Formula E 2022 di Jakarta

JAKARTA – Balap Formula E di Jakarta (Jakarta E-Prix) pada 2022 disebut akan dikawal oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga selesai.

Seperti diketahui, Formula E di Jakarta diputuskan mundur dari 2020 menjadi 2022 karena pandemi Covid-19. Jika tak ada aral melintang, tahun depan, ajang balap mobil listrik itu berlangsung pada 4 Juni.

Ketua Panitia Pengarah Jakarta E-Prix sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menjelaskan, pihaknya berencana melakukan audiensi dengan KPK. Di dalam pertemuan tersebut, bakal hadir antara lain Formula E Operations (FEO), PT. Jakpro selaku penyelenggara, dan IMI.

IMI, menurut Bamsoet—sapaan akrab Bambang Soesatyo—nantinya meminta KPK memberikan pendampingan sekaligus pengawasan dari awal sampai akhir Jakarta E-Prix 2022.

Formula E

Menurut sosok yang juga menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) tersebut, Jakarta E-Prix 2022 ialah kebanggaan warga Ibu Kota dan seluruh penduduk Indonesia. Ajang ini dapat membantu memulihkan perekonomian rakyat dan menyosialisasikan penggunaan mobil listrik di dalam negeri.

"Sekaligus juga memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia telah menjadi rumah yang nyaman bagi berbagai kejuaraan motorsport dunia," ujar Bamsoet, seperti dikutip dari keterangan resmi dari IMI baru-baru ini.

IMI, lanjut mantan wartawan sebuah harian umum nasional tersebut, nantinya terlibat dalam berbagai persiapan teknis penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022.

Adapun lokasi Formula E 2022 di Jakarta, menurut pernyataan pers Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, belum ditentukan. Tempat akan diputuskan bersama-bersama oleh FEO, IMI, JakPro untuk kemudian dilaporkan ke Presiden Joko Widodo.

Jakarta E-Prix 2022 akan dikawal KPK

“Kita baru saja menyelesaikan tahap pertama event internasional WBSK di Mandalika yang berlangsung sukses dan dilihat 1,5 miliar mata dunia melalui siaran acara tersebut. Dan tahun depan kita akan hadapi dua event besar untuk pertama kalinya yaitu Formula E dan MotoGP yang dua-duanya menyedot perhatian dunia,” papar Bamsoet.

“Ini artinya Indonesia sangat siap recovery dengan dua kegiatan besar internasional yang kita lakukan, mampu mengundang banyak turis dan mendorong percepatan recovery ekonomi kita,” lanjutnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Formula E 2022 di Jakarta sebagai sebuah kolaborasi.

“Akan ada Steering Committee yang dipimpin langsung Pak Bambang Soesatyo Ketua IMI, lalu Organizing Committee yang dipimpin Pak (Ahmad) Sahroni, dan Operasional Pelaksanaan akan dikerjakan Jakpro,” pungkas Anies. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar