Anies: Balap Mobil Listrik Formula E Digelar di Monas 6 Juni 2020

Berita Otomotif

Anies: Balap Mobil Listrik Formula E Digelar di Monas 6 Juni 2020

JAKARTA - Balap mobil listrik Formula E akhirnya resmi digelar di Jakarta pada Juni 2020. Balapan akan digelar di sekitar Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, melalui akun Facebook resminya baru-baru ini, mengumumkan bahwa pihaknya dan penyelenggara Formula E akhirnya mencapai kesepakatan. Seperti rencana awal, Formula E Jakarta digelar pertengahan tahun depan.

“Kejuaraan ABB Formula E Champhionship musin ke-6 2019/2020 Insya Allah akan diselenggarakan di Jakarta pada Sabtu, tanggal 6 Juni 2020. Sirkuit Jakarta E-Prix akan berlokasi di Monas, di jantung ibukota Indonesia. Alhamdulillah pembicaraan itu semuanya tuntas di bulan Agustus dan pada kemarin sore mendapatkan kehormatan bersama Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo untuk mengumumkan secara resmi kepada masyarakat Jakarta dan Indonesia,” papar dia.

Sebelumnya, pada Juli kemarin, Anies sempat mengatakan lewat Facebook bahwa Jakarta berhasil tembus sebagai tuan rumah Formula E pascanegosiasi di New York, Amerika Serikat antara dirinya dengan pengelola balapan. Namun, selang beberapa hari setelah itu, penyelenggara Formula E membantah pernyataan sang gubernur dengan menyatakan ‘belum ada keputusan final apa pun mengenai Jakarta sebagai tuan rumah’.

Formula E sendiri ibarat Formula One (F1), namun dengan seluruh mobilnya menggunakan sistem penggerak listrik murni. Formula E musim 2018/2019 yang belum lama berakhir diikuti oleh 12 tim dengan total 24 pebalap, di antaranya adalah Nissan, Audi, BMW, Mahindra, Mercedes-Benz, Porsche, Jaguar.

“Ajang bergengsi yang digelar di tiga benua ini sejalan dengan visi transportasi Jakarta, yang menggunakan transportasi bebas emisi. Dalam #7InisisatifUdaraBersihJakarta kita mendorong masyarakat menggunakan kendaraan bebas emisi serta ramah lingkungan,” lanjut Anies.

Ia berharap lewat persiapan 8 bulan ke depan Jakarta akan bisa menyelenggarakan dengan sebaik-baiknya. Anies yakin penyelenggaraan Formula E akan turut menggerakkan perekonomian di DKI Jakarta, terutama sektor pariwisata olahraga, selain itu dapat pula memberi manfaat pada okupansi hotel, restoran, hingga ekonomi warga Jakarta kebanyakan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar