Harga Mobil Suzuki Baru Naik di Awal 2020

Berita Otomotif

Harga Mobil Suzuki Baru Naik di Awal 2020

JAKARTA – Suzuki memutuskan untuk tidak menaikkan harga pada Desember 2019 meski Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) DKI Jakarta naik. Mereka lebih memilih untuk menunggu awal 2020.

Seperti diketahui, per 11 Desember kemarin BBN-KB Jakarta naik dari 10 persen menjadi 12,5 persen. Beberapa pabrikan seperti Toyota dan Daihatsu sudah menyatakan kenaikan harga mengikuti regulasi itu, tapi ada juga yang tidak seperti Honda. Belakangan diketahui bahwa Suzuki pun ternyata tidak menaikkan harga mereka.

“Di Desember kami tidak naikkan,” kata Makmur, Direktur Penjualan PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS)  di sela-sela peluncuran Baleno hatchback facelift pada akhir pekan lalu di Jakarta.

Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS, menambahkan keputusan tersebut mereka ambil dengan beberapa pertimbangan. Tiga pertimbangan utama yang selalu dievaluasi dalam kebijakan kenaikan harga adalah regulasi, biaya produksi, serta kompetisi di pasar.

Berdasarkan pengamatan pada tiga hal itu, terang Donny, Suzuki terlanjut menaikkan harga seluruh model pada Oktober. Rentang kenaikan banderol ketika itu antara Rp 2 – 7 juta, tergantung model.

Saat BBN-KB Ibu Kota akhirnya naik pada Desember, jeda waktu kenaikan harga yang hanya 2 bulan Suzuki anggap terlalu dekat di tengah kondisi pasar otomotif yang sedang turun.

“Dari Oktober ke November, pasar secara keseluruhan turun. Kalau di Desember ini kami naikkan harganya lagi 2,5 persen, kami takut akan ada kontraksi atau penurunan pasar,” tukas Donny.

Pabrikan asal Jepang berlogo ‘S’ ini lantas menahan harga. Kenaikan BBN-KB 2,5 persen lantas mereka serap.

Akan tetapi, hal tersebut tidak akan bertahan lama. Pada awal 2020, merek yang penjualannya amat bergantung pada pikap kecil Carry dan multi purpose vehicle Ertiga tersebut membeberkan rencana menaikkan banderol karena regulasi yaitu kenaikan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

“(Awal tahun) biasanya ada kenaikan NJKB. Kalau NJKB naik, berarti harganya juga naik, dong. Biasanya sih tabel NJKB baru keluar pada pertengahan Januari. Kalau sudah keluar kami bisa info 2020 kenaikan bisa berapa,” pungkas Donny. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support