Harga Suzuki Naik, Nominalnya Mulai dari Rp 3 Juta

Berita Otomotif

Harga Suzuki Naik, Nominalnya Mulai dari Rp 3 Juta

JAKARTA – Suzuki akhirnya resmi menaikkan harga seluruh model mereka pada Januari 2020, setelah pada Desember 2019 menahan diri untuk melakukannya.

Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), ketika Mobil123.com wawancarai pada Rabu (15/1/2020) mengaku sudah mengeluarkan daftar harga kendaraan-kendaraan terbaru mulai Januari 2020. Ia tidak menyebutkan mulai tanggal berapa tepatnya revisi harga ini terjadi.

“Untuk 2020 sudah ada (kenaikan harga),” ucap dia melalui pesan singkat.

Detail harga terkini, menurut dia, sudah dapat dilihat oleh publik di situs resmi Suzuki Indonesia. Kenaikan banderolnya sendiri tergantung model, tapi nominal terendah adalah Rp 3 juta.

“Naik mulai dari Rp 3 juta,”sambung Donny lagi tanpa menyebutkan lebih merinci mengenai rentangnya.

Pabrikan asal Jepang tersebut merambah pasar Indonesia dengan delapan model. Kesembilan model itu adalah Carry, APV, Ertiga, Ignis, Baleno hatchback, SX4 S-Cross, Karimun Wagon R, plus Jimny.

Jumlah tersebut akan bertambah lagi pada 2020. Pasalnya, sumber internal pabrik Suzuki membeberkan bahwa pada awal tahun ini merek berlogo ‘S’ ini berencana merilis serta memproduksi lokal XL7 (atau bernama XL6 di pasar India).

Eksekutif Suzuki menolak mengomentari informasi tersebut. Namun, kendaraan ini diakui potensial dibawa ke Indonesia untuk mengisi segmen low sport utility vehicle (LSUV) dan bersaing dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, maupun DFSK Glory 560.

Kabar terkini, peluncuran XL7 dijadwalkan terjadi pertengahan Februari. Lagi-lagi, Suzuki tidak bersedia menanggapinya.

Lebih lanjut, revisi harga mobil sendiri sudah umum terjadi pada awal tahun yang baru. Merek-merek yang sudah melakukan itu pada bulan pertama tahun bershio tikus logam ini selain Suzuki di antaranya adalah Mitsubishi serta Toyota.

Sebelumnya, ketika diwawancarai akhir tahun lalu usai peluncuran Baleno hatchback facelift, Donny telah mengatakan rencana mereka melakukan itu. Adapun alasannya adalah perubahan pada tabel Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang rutin terjadi setiap tahun.

“(Awal tahun) biasanya ada kenaikan NJKB. Kalau NJKB naik, berarti harganya juga naik, dong. Biasanya sih tabel NJKB baru keluar pada pertengahan Januari,” tukasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support