Daihatsu Naikkan Harga Bulan Depan Karena Kenaikan BBN-KB Jakarta

Berita Otomotif

Daihatsu Naikkan Harga Bulan Depan Karena Kenaikan BBN-KB Jakarta

JAKARTA – Daihatsu bersiap menaikkan harga seluruh model roda empat mereka di Indonesia karena kenaikan tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB).

Seperti diberitakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 11 November kemarin menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor Nomor 6 Tahun 2019. Poin utama di dalam aturan ialah revisi BBN-KB dari 10 persen menjadi 12,5 persen efektif 30 hari setelah aturan tersebut diundangkan atau pada 11 Desember mendatang.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan banderol model-model mereka akan naik sesuai dengan kenaikan BBN-KB. Adapun waktunya bersamaan dengan waktu penerapan regulasi baru ini.

“Iya, harga mobil jadi naik 2,5 persen, ya. Ya, Daihatsu akan menaikkan sesuai peraturan pemerintah tersebut. (Pada) 11 Desember,” ucapnya kepada Mobil123.com melalui pesan singkat pada Selasa (12/11/2019).

Merek mobil asal Jepang ini sekarang menjual Sembilan model di Nusantara. Empat di antaranya merupakan multi purpose vehicle (MPV) yaitu Sigra, Xenia, Luxio, Gran Max Minibus.

Satu merupakan sport utility vehicle (SUV), Terios. Terdapat pula dua city car yakni Ayla plus Sirion.

Dua sisanya merupakan kendaraan komersial ringan (light commercial vehicle/LCV). Ada Gran Max versi pikap dan ada pula Hi-Max.

Optimistis Masih Bisa 1 Juta
Kenaikan BBN-KB terjadi di tengah melambatnya ekonomi dan penjualan mobil. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sampai merevisi target dari 1,1 juta menjadi 1 juta unit tahun ini.

Padahal, target sebelumnya sudah merupakan proyeksi yang stagnan dibandingkan pada 2018. Amelia sendiri masih percaya diri target 1 juta unit dari Gaikindo pada tahun ini bisa tercapai, meski ada ‘hadangan’ dari tariff BBN-KB baru di bulan terakhir.

Diskon-diskon akhir tahun, termasuk pada Desember, ia akui akan menjadi salah satu alasannya.

“Iya, semua merek sedang optimalisasi penjualannya,” tutup dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar