Suzuki juga Pelajari Fitur untuk Penyandang Disabilitas di Model Selain Ertiga

Berita Otomotif

Suzuki juga Pelajari Fitur untuk Penyandang Disabilitas di Model Selain Ertiga

TANGERANG – Suzuki mengungkapkan fitur untuk penyandang disabilitas yang ada di All-New Ertiga Support Concept tak hanya dipelajari untuk diterapkan di satu model tersebut, tapi juga di model-model lain.

All-New Ertiga Support Concept diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show, 2 – 12 Agustus kemarin di Serpong, Tangerang. Keunggulan model purwarupa tersebut adalah kursi penumpang depan yang bisa diputar 90 derajat dan digeser menjorok keluar agar para penyandang disabilitas lebih mudah masuk kabin.

Suzuki saat ini sedang studi untuk merealisasikannya di Ertiga, juga di model-model lain. Adapun model-model selain Ertiga yang punya peluang memiliki fitur tersebut adalah APV, Ignis, Baleno hatchback, plus SX4 S-Cross.

“Tantangan bagi kami adalah memasukkan fitur ini ke mobil-mobil kecil,” ujar Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development and Accessories PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Aspek-aspek yang diteliti di dalam riset, selain persoalan teknis, juga menyangkut potensi pasar bagi masing-masing model. Yulius menjelaskan fitur kursi seperti di All-New Ertiga Support Concept bisa sangat berguna bagi keluarga dengan manula atau konsumen fleet seperti perusahaan-perusahaan taksi online maupun konvensional.

“Riset paling utama adalah mengenai kenyamanan atau kemudahan bagi orang-orang yang membutuhkan fitur ini. Kami juga riset peluang market seperti apa. Target paling banyak mungkin manula,” papar dia.

Pabrikan asal Jepang ini mengaku belum punya bayangan kapan produksi massal bakal berjalan jika studi memperlihatkan hasil positif. Mereka pun belum bisa memastikan apakah fitur ini akan dimasukkan ke satu varian khusus atau dijual sebagai aksesoris tambahan.

Sejauh ini, Suzuki optimis bahwa fitur bagi para penyandang disabilitas akan  menjadi nilai lebih yang diapresiasi konsumen. Data Profil Penduduk Hasil Survei Penduduk Antar Sensus 2015 milik Badan Pusat Statistik yang memaparkan bahwa di negeri ini ada 21.843.408 penyandang disabilitas atau setara 8,56 persen dari jumlah keseluruhan penduduk.

Adapun penyandang disabilitas yang berkaitan dengan kesulitan berjalan dan menaiki tangga berjumlah 3,76 persen dari total penduduk. Mereka-mereka inilah yang ingin difasilitasi Suzuki. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual