All-New Suzuki Ertiga Support Concept Berpotensi Segera Diproduksi

Berita Otomotif

All-New Suzuki Ertiga Support Concept Berpotensi Segera Diproduksi

TANGERANG – All-New Suzuki Ertiga Support Concept kini sedang dipelajari untuk dijadikan versi produksi di masa yang akan datang.

All-New Ertiga Support Concept diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong Tangerang. Perbedaannya dari All-New Ertiga standar adalah kemampuan kursi baris pertama yang bisa diputar 90 derajat ke arah kiri dan digeser keluar pintu agar para penyandang disabilitas bisa keluar-masuk kendaraan lebih mudah.

Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development and Accessories PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan bahwa All-New Ertiga Concept bukan sekadar ‘pertunjukan’ di GIIAS 2018. Mereka kini juga sedang mempelajari peluang pasar untuk merealisasikannya.

“Mobil seperti ini sebenarnya sudah ada di pasar, tapi kebanyakan di segmen-segmen mewah. Biasanya mobil-mobil itu dilengkapi kursi swivel (putar) untuk mempermudah penumpang naik-turun kendaraan. Kali ini Suzuki mencoba menghadirkan kendaraan ramah untuk para penyandang disabilitas dengan basis All-New Ertiga,” paparnya dalam konferensi pers di sela-sela GIIAS 2018.

Aksesoris berupa kursi khusus untuk para penyandang disabilitas sebenarnya tersedia di pasar. Namun, menurut dia, banderolnya mahal karena bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Suzuki mengutip data Profil Penduduk Hasil Survei Penduduk Antar Sensus 2015 milik Badan Pusat Statistik. Menurut data, ada 21.843.408 penyandang disabilitas di Indonesia atau setara 8,56 persen dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia. Adapun penyandang disabilitas yang berkaitan dengan kesulitan berjalan dan menaiki tangga berjumlah 3,76 persen dari total penduduk.

“Komposisi 3,76 persen itu secara volume sudah cukup besar dan masih jarang sekali yang masuk ke sini,” ujar Yulius.

Pasar yang cukup besar itu hingga kini masih diisi mobil-mobil mahal atau aksesoris berharga selangit. Suzuki berpikir menyediakan mobil keluarga terjangkau dengan fitur ramah bagi penyandang disabilitas khususnya yang terkait kesulitan berjalan.

“Kenapa All-New Ertiga yang kami pilih karena ini adalah mobil keluarga dan target yang kami coba lihat para manula yang keluarganya mungkin punya kesulitan membawa mereka naik-turun kendaraan. All-New Ertiga kami anggap segmen paling tepat untuk trial,” tandas Yulius.

Sayang, ia belum bisa menjelaskan kapan kira-kira All-New Ertiga Support Concept bisa terwujud. Ia juga belum dapat memaparkan apakah kursi ramah disabilitas itu hadir dalam bentuk varian baru All-New Ertiga atau hanya berupa aksesoris tambahan yang dibeli terpisah.

“Semuanya masih kami pelajari,” tandas Yulius. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar