Suzuki Jimny Punya Resale Value Sangat Kuat

Berita Otomotif

Suzuki Jimny Punya Resale Value Sangat Kuat

LONDON – Generasi keempat Suzuki Jimny disebut sebagai salah satu mobil dengan harga jual kembali (resale value) yang kuat di Inggris. Penilaian tersebut dirilis oleh CAP Automotive baru-baru ini.

CAP Automotive sebagai perusahaan swasta penyedia data valuasi mobil baru dan mobil bekas menyatakan all-new Suzuki Jimny mampu mempertahankan 52 persen valuasinya di pasar mobil bekas di Inggris setelah digunakan 60  ribu mil (96.560 km) dalam tiga tahun.

Harga jual kembali generasi keempat Jimny akan semakin bagus jika jarak tempuhnya lebih rendah. CAP memaparkan bahwa Jimny dengan pemakaian 36 ribu mil (57.936 km) selama tiga tahun maka resale value bisa mencapai 61%.

Temuan Mobil123.com di Indonesia sendiri memperlihatkan bahwa Jimny bekas malah berharga lebih mahal ketimbang saat dibeli baru. Dalam pameran mobil bekas Hot Deals Carnival pada September 2018, sebuah dealer memasarkan Jimny seharga Rp 405 juta on-the-road Jakarta dengan jarak tempuh baru 1.000 km.

Padahal, ketika diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Jimny tersebut dijual Rp 285 juta on-the-road Jakarta. Itu adalah pertama kalinya Suzuki memasarkan kembali Jimny di Tanah Air setelah vakum cukup lama.

Suzuki telah meluncurkan generasi terbaru Jimny pada Juni tahun kemarin. Model itu terdiri dari dua varian yaitu yang bermesin kecil khusus untuk pasar Jepang serta mesin bensin K15B 1.5-liter untuk pasar global.

Varian bagi pasar global bernama Jimny Sierra. Mesin yang ada di dalam bodinya sama dengan milik All-New Suzuki Ertiga.

Suzuki kemudian memamerkannya sebagai mobil eksebisi dalam GIIAS 2018. Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan bahwa Jimny Sierra tidak hanya berpeluang meluncur di negeri ini, tapi juga dirakit lokal.

Sayang, hingga kini belum diketahui kapan Jimny Sierra akhirnya meluncur di Indonesia.

Atensi pasar global terhadap Jimy generasi terbaru sangat global. Di Jepang, kuota 15 ribu untuk setahun sudah dipesan hanya dalam sebulan.

Di Inggris, penjualan Jimny termutakhir dibatasi 1.100 unit pada 2018 serta 2.000 unit pada 2019. Namun, jumlah orang yang menyatakan berminat membelinya di situs resmi berjumlah ratusan persen di atas kuota 2018. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support