Suzuki Jimny Generasi Terbaru Berpotensi Meluncur dan Dirakit di Indonesia

Berita Otomotif

Suzuki Jimny Generasi Terbaru Berpotensi Meluncur dan Dirakit di Indonesia

BEKASI – Suzuki Jimny generasi terbaru tak hanya sekadar berpotensi meluncur di Indonesia. Sport utility vehicle (SUV) ikonik itu pun berpeluang dirakit pula secara lokal.

Jimny termutakhir menjalani debut global pada Juli kemarin di Jepang. Suzuki lalu membawanya ke Tanah Air sebagai mobil eksebisi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Peluncuran Jimny paling anyar pun dinanti-nanti di Indonesia. Namun, Seiji Itayama, Presiden Direktur PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan bahwa saat ini Suzuki masih mempelajari umpan balik dari para pengunjung pameran tersebut.

“Saya sudah sampaikan sewaktu GIIAS bahwa memang kami mau mendengar suara dan permintaan masyarakat bagaimana. Kami sedang menganalisa berdasarkan suara yang sudah kami dapat. Yang kami bisa jawab saat ini adalah Jimny sedang dalam studi apakah masuk atau tidak ke sini, apakah diproduksi lokal atau diimpor,” tandasnya pada awal pekan ini di Cikarang, Bekasi.

Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS, menambahkan bahwa Jimny berpotensi meluncur di negeri  ini. Tak hanya itu, Jimny malahan juga berpotensi dirakit lokal.

“Kalau enggak ada potensi kenapa lanjutkan secara lebih detail? Kami melihat potensi-potensi itu makanya kami studi lebih lanjut,” lanjutnya.

Jimny generasi keempat terdiri dari dua varian, satu untuk pasar Jepang dan lainnya bagi pasar global. Jimny Sierra, nama varian untuk pasar global, menggunakan mesin K15B yang juga digunakan oleh All-New Suzuki Ertiga.

Baik mesin maupun unit All-New Ertiga sudah dirakit di pabrik Cikarang, Bekasi. Saat ditanyakan seberapa jauh hal ini mempengaruhi potensi Jimny dirakit di pabrik tersebut, Donny menolak berkomentar.

Kehadiran Jimny di negara-negara lain sejauh ini direspons amat baik. Di Jepang, pemesanan 15 ribu unit didapat dalam sebulan. Padahal, kapasitas produksi Jimny untuk ‘Negeri Sakura’ adalah 15 ribu unit setahun.

Di Inggris, lebih dari 4.500 orang mendaftarkan ketertarikan membeli Jimny via situs resmi Suzuki untuk negara itu. Kemampuan suplainya sendiri hanya 1.100 unit pada 2018 serta 2.000 unit pada 2019.

Donny mengaku tak takut kehilangan momentum karena terlalu lama mengaspalkan Jimny di Indonesia. Produk ini menurutnya punya citra yang amat kuat.

"Momentum itu ada dua, ada yang alami, ada yang diciptakan. Dengan produk seperti itu, momentumnya bisa diciptakan," tutupnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar