SUV Terbaru Suzuki ini Ternyata Toyota RAV4 yang Dipermak

Mobil Baru

SUV Terbaru Suzuki ini Ternyata Toyota RAV4 yang Dipermak

NEW DELHI - Suzuki Across adalah SUV terbaru dari Suzuki yang punya basis dari Toyota RAV4, lanjutan dari proyek kolaborasi antara Suzuki dan Toyota di India.

Toyota dan Suzuki di India memang sedang intens melakukan kerjasama pertukaran model untuk diproduksi bersama namun punya nama serta dijual oleh masing-masing. Program kolaborasi yang sama seperti Anda melihat Toyota dengan Daihatsu di Indonesia.

Kali ini Suzuki melansir SUV terbaru bernama Suzuki Across. Dan tidak main-main, basis dari mobil ini adalah datang dari SUV milik Toyota yang cukup terkenal berkelas yakni RAV4.

Lalu bagaimana Suzuki bisa mendapatkan proyek ini?. Usut-punya usut, ternyata Suzuki Across merupakan hasil dari perjanjian terbaru antara Suzuki dan Toyota. Di mana Toyota akan memasok kendaraan dan mesin hybrid dengan basis RAV4 juga Corolla Wagon ke Suzuki. Sementara imbal baliknya, Suzuki akan memproduksi Ciaz dan Ertiga untuk diberi emblem serta akan dijual oleh Toyota khusus pasar India. 

suzuki across
Secara kasat mata, melihat Suzuki Across tentu akan langsung terbayang Toyota RAV4. Karena dari sisi eksterior, dari tampilan keduanya tergolong tak ada perbedaan yang terlalu signifikan.

Tarikan garis body-nya terlihat tak berbeda terutama aliran pada bagian samping hingga belakang. Apalagi jika melihat velg beraksen hitam berikut dengan lampu belakang LED Across yang sangat mirip RAV4.

Perbedaan praktis hanya ada pada bagian bonnet, tampang Across berbeda dengan RAV4. Tampang Across terlihat lebih agresif dengan mengadopsi grille depan mirip Swift. Nuansa ini diperkuat oleh lampu depan yang tampak memanjang berikut dengan bezel foglightnya. 

kabin suzuki across
Kesan yang sama juga terdapat pada ruang interior. Perbedaan satu-satunya hanya pada badge Suzuki pada lingkar kemudi. Dari kelengkapan, Across telah dilengkapi dengan fitur-fitur terkini yang juga ada pada RAV4. Sebut saja terdapat sistem infotainment 9 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, dual-zone automatic climate control, pelapis kulit juga panel kontrol untuk sistem hybrid plug-in.

Yang disebut terakhir adalah untuk memantau kinerja mesin 2.5-liter hybrid. Kinerjanya mesin ini dibantu oleh 2 motor listrik dan menghasilkan tenaga 175 hp serta torsi maksimal 219 Nm.

Tak hanya itu, Across juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS) yang berfungsi mendukung pengemudi secara aktif. Sistem ini termasuk pre-collision system, lane tracing assist, dynamic radar cruise control, road sign assist, blind-spot monitoring berikut rear-cross traffic alert.

Terakhir, rencanaya Across akan banyak dipasarkan di Eropa. Ini akan melengkapi line-up Suzuki yang belum memiliki model cross-over dengan model compact di sana. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar