Menelisik Suzuki S-Presso yang Kabarnya akan Dijual di Indonesia

Mobil Baru

Menelisik Suzuki S-Presso yang Kabarnya akan Dijual di Indonesia

JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kabarnya akan meluncurkan produk terbarunya Suzuki S-Presso. Yuk simak detail produknya.

Rencana peluncuran Suzuki S-Presso di Indonesia ini terkait dengan kebijakan PT SIS saat pandemi. Dan memang agak berbeda dari para pesaingnya, mereka mengaku tidak akan membatalkan rencana peluncuran meski pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan menghantam market otomotif di Tanah Air.

“Dikarenakan ada kejadian yang tidak kami inginkan alias Corona ini, kami juga langsung melakukan global meeting. Dari Suzuki berkomitmen bahwa yang pertama tidak akan ada pengurangan peluncuran produk baru, terutama untuk pasar Indonesia. Jadi, berdasarkan apa yang sudah direncanakan, kami akan tetap berpegang teguh melakukan peluncurannya,” papar Harold Donnel selaku Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam Diskusi Virtual Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot), Kamis (5/6/2020).

Kabar yang beredar dan sampai ke meja redaksi Mobil123.com, Suzuki S-Presso rencananya akan dijual di Indonesia paling cepat akhir tahun 2020 atau paling lambat awal 2021. Melihat waktunya, ada kemungkinan hatchback mungil asal India ini akan mulai diperkenalkan di pameran otomotif GIIAS 2020 yang rencananya bergulir Oktober atau IIMS 2021 dijadwalkan pada bulan Februari.


Secara umum dimensi S-Presso tak jauh berbeda dengan saudaranya yang bermain di kelas LCGC, Karimun Wagon R. Punya panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm dan tinggi 1.565 mm (Karimun Wagon R 3.635 mm/1.475 mm/1.670 mm). 

Namun jika menelisik tampilannya, S-Presso tampak lebih agresif lewat desain bonnet dengan 4 kotak plus logo S besar, auranya mirip Suzuki Ignis. Aura ini juga diperkuat dengan style kotak pada keseluruhan bodinya dan punya hero collor orange.

Yang juga menarik untuk disimak adalah ground clearence dari S-Presso. Tingginya mencapai 180 mm atau sama dengan Ignis dan Ertiga serta lebih tinggi dari Karimun Wagon R 170 mm. Berdasarkan pengalaman Ignis, bisa jadi S-Presso juga akan ditarik dengan gaya urban SUV namun memiliki dimensi lebih kompak.

Masuk ke kabin, jika mengacu pada produk yang telah beredar di India, interior S-Presso tampil cukup atraktif dan tentu dikemas dalam ukuran kompak serta user friendly. Tampak dari dasbor yang menganut gaya center facia dengan bulatan besar berwarna selaras bodi, terbagi atas cluster meter digital di bagian atas dan layar sentuh 7 inci di bawahnya.


Ergonomika kabin juga tampak menarik. Terlihat dari komposisi ruang kaki untuk seluruh penumpang yang cukup lega plus ruang bagasi belakangnya.

S-Presso di India dilengkapi beberapa fitur keselamatan. Mulai dari dual-front airbags, ABS with EBD, rear parking sensors, front SBR juga high-speed warning system.

Beralih ke mesin, kemungkinan sama dengan India dan Filipina, S-Presso yang akan dijual di Indonesia dilengkapi mesin 1.0-liter berkode K-10B. Mesin yang sama dengan Karimun Wagon R ini punya keluaran tenaga 67 hp pada 6.200 rpm dan torsi maksimal 90 Nm diputaran 3.500 rpm.

Pilihan sumber tenaga dari S-Presso di Indonesia ada kemungkinan akan ditawarkan dengan mesin 1.2-liter. Mesin ini akan sama dengan yang digunakan oleh Ignis berkode K12M, memiliki tenaga 82 hp pada 6.000 rpm dan torsi 113 nm di 4.200 rpm.

Terakhir, dari sisi harga, di India S-Presso ditawarkan mulai Rp 73.7 juta. Sementara di Indonesia, jika mengacu pada harga termurah Karimun Wagon R Rp 118 jutaan, sepertinya Harga S-Presso kemungkinan akan sedikit lebih mahal.

Ini karena S-Presso tidak mendapat subsidi dari kelas Low Cost Green Car (LCGC) seperti Karimun Wagon R. Namun demikian sepertinya tidak akan berbeda terlalu jauh.

Nantikan berita selajutnya mengenai kehadiran Suzuki S-Presso di Indonesia hanya di Mobil123.com. [Ari]

Data Spesifikasi Suzuki S-Presso
  • Dimensi (P/L/T) : 3.565 mm/1.520 mm/tinggi 1.565 mm
  • Ground Clearence : 180 mm
  • Mesin : 1. K10B 1.0 liter 67 hp/90 NM
                 2. K12M  1.2-liter 82 hp/113 Nm

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar