LCGC Kena Pajak Barang Mewah, Daihatsu Berikan Catatan untuk Pemerintah

Berita Otomotif

LCGC Kena Pajak Barang Mewah, Daihatsu Berikan Catatan untuk Pemerintah

JAKARTA – Daihatsu menilai Ayla, Sigra, dan mobil-mobil lain di segmen low cost green car (LCGC) lain nantinya masih terjangkau dalam skema cicilan, walaupun harganya akan terpengaruh Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 3 persen mulai 2021.

Sekadar mengingatkan, mobil-mobil LCGC hadir sejak 2013 dengan keistimewaan bebas PPnBM sehingga berharga paling murah dibandingkan segmen kendaraan lain. Perlakuan spesial diberikan dengan syarat-syarat seperti perakitan lokal, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) tinggi, serta konsumsi BBM minimal 20 km/liter.

Akan tetapi, melalui Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019, Presiden Jokowi dan kabinetnya memutuskan pemberian PPnBM 3 persen pada LCGC mulai 2021. Aturan ini juga merevisi struktur PPnBM bagi kendaraan-kendaraan di segmen lain termasuk sedan, mobil diesel, mobil berpenggerak empat roda, mobil hybrid, mobil plug-in hybrid, mobil listrik, mobil hidrogen.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan bahwa PPnBM 3 persen kelak harus dibayar oleh konsumen. Ia tak membantah bahwa ini nantinya mempengaruhi harga jual semua model LCGC, bukan hanya Ayla dan Sigra yang dimiliki Daihatsu.

“Mau beli merek (LCGC) apa pun, konsumen harus bayar pajak ini,” ucapnya beberapa waktu lalu di Senayan, Jakarta.

Amelia sendiri menganggap LCGC masih cukup terjangkau bagi konsumen dengan pengenaan pajak sebesar itu. Dan Ia punya catatan khususnya untuk pemerintah mengenai aturan baru ini.

“Kalau dibayar melalui cicilan, (kenaikan harga karena) PPnBM 3 persen itu masih sanggup dibayarkan kalau daya belinya ada. Satu yang penting adalah bagaimana pemerintah Indonesia bisa meningkatkan perekonomian sehingga daya beli itu meningkat dan mereka bisa membeli mobil walaupun pajaknya naik menjadi 3 persen,” papar dia.

Saat ini ada lima merek yang bermain di segmen LCGC yaitu Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Datsun. Toyota menerjunkan dua model yakni city car Agya dan multi purpose vehicle (MPV) Calya, begitu pula dengan Daihatsu yang memiliki Ayla plus Sigra.

Honda maupun Suzuki masing-masing punya satu city car, Brio Satya serta Karimun Wagon R. Sementara itu, Datsun punya city car Go Panca plus MPV Go+ Panca. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support