Mitsubishi Crossover MPV Disebut Bukan Ancaman Bagi Daihatsu Terios

Berita Otomotif

Mitsubishi Crossover MPV Disebut Bukan Ancaman Bagi Daihatsu Terios

JAKARTA – Daihatsu meyakini ‘Mitsubishi crossover multi purpose vehicle (MPV)’ yang segera meluncur tidak akan membahayakan penjualan Terios.

Daihatsu mengaku tak khawatir saat ditanyakan mengenai potensi Mitsubishi crossover MPV bertabrakan dengan segmen low sport utility vehicle (LSUV). Ini karena berdasarkan studi internal mereka Mitsubishi bukanlah pesaing langsung Daihatsu, termasuk untuk LSUV mereka Terios.

“Mitsubishi berdasarkan survei bukan kompetitor langsung Daihatsu. Berdasarkan survei yang beli Terios enggak pernah mempertimbangkan Mitsubishi, yang beli Mitsubishi juga enggak pernah mempertimbangkan Daihatsu. Beda segmen konsumen,” ucap Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) saat diwawancarai usai konferensi pers Daihatsu Astec Open 2019 pada Kamis (7/11/2019) di Senayan, Jakarta.

Sekadar mengingatkan, pekan depan tepatnya pada Selasa (12/11/2019) Mitsubishi bakal meluncurkan MPV yang mempunyai gaya desain makin menyerupai SUV. Mereka menyebutnya sebagai crossover MPV.

Belum lama ini, Mitsubishi sudah merilis gambar siluet model tersebut yang tampak mirip dengan Xpander. Karena itu, dugaan model ini akan menjadi ‘saudara Xpander’ yang ada di segmen low multi purpose vehicle (LMPV)--dan sebenarnya sudah menyerupai SUV—pun muncul.

Dugaan tersebut juga hadir karena Xpander menjadi satu-satunya MPV yang Mitsubishi tawarkan di Indonesia saat ini. Alasan lain adalah pernyataan Mitsubishi pada akhir Juli bahwa ‘Xpander akan memberikan kejutan pada tahun ini’.

Selain masih menanti-nanti wujud aslinya, yang dinanti adalah harga. Kalau ternyata banderolnya masih Rp 200 juta-an seperti Xpander, Mitsubishi crossover MPV punya potensi ‘bertabrakan’ dengan model-model LSUV seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, DFSK Glory 560 yang juga ada di rentang harga itu.

Apalagi Mitsubishi pernah menyatakan bahwa Xpander sejauh ini sudah bisa merayu sebagian konsumen potensial di LSUV.

Lebih lanjut, Amelia sendiri mewajari strategi Mitsubishi yang akan merilis crossover MPV. Menurut teori, memang penjualan sebuah model akan mengalami penurunan beberapa waktu setelah meluncur dan untuk menaikkannya lagi perlu ada varian baru.

“Jadi saya merasa biasa aja dengan apa yg dilakukan Mitsubishi dan merek lain karena itu yang harus dilakukan. Termasuk Daihatsu juga harus melakukan itu,” tandasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support