Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ayla Tanpa AC & Audio Mobil Termurah di Indonesia, Kenapa Daihatsu Masih Jual?

Berita Otomotif

Ayla Tanpa AC & Audio Mobil Termurah di Indonesia, Kenapa Daihatsu Masih Jual?

TANGERANG - Mobil termurah di Indonesia saat ini, Daihatsu Ayla tipe terbawah, bisa dibeli dengan harga Rp100 juta lebih sedikit saja. Risikonya, siap-siap kepanasan.

Ayla tipe 1.0 D MT tersebut, menurut situs resmi pada awal Juni 2022, dijual Rp108,2 juta on the road (OTR) Jakarta. Menilik data spesifikasi, tipe ini antara lain tidak memiliki pendingin udara (air conditioner/AC), sistem audio, juga power steering.

Ketika ditanyakan alasan masih menjualnya, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani menyebut kalau Daihatsu menyiapkan kendaraan dari level paling bawah. Ini disediakan bagi konsumen yang hanya membutuhkan mobil sebagai alat transportasi saja.

Daihatsu Ayla tipe terbawah tanpa fog lamp (Foto: Daihatsu)

“Ini adalah strategi pemasarannya Daihatsu. Kami mengeset yang namanya ‘calling price’. Artinya itu adalah produk-produk yang paling terjangkau yang sekarang dibilang paling murah,” papar dia usai seremoni peluncuran Daihatsu Sirion facelift, Kamis (3/6/2022) di Summarecon Mall Serpong, Tangerang.

“Tinggal konsumen memilih, kalau mau yang paling murah kondisinya seperti ini. Kalau mau yang ada AC, kami juga ada. Tapi, kalau mau yang paling murah, kami sediakan,” lanjutnya.

Di sisi lain, Agung mengakui jika permintaan untuk Ayla 1.0 D MT tidaklah banyak. Dia mengakui Ayla tipe tersebut lebih sering dibeli korporasi sebagai hadiah undian, alih-alih dibawa pulang oleh konsumen perorangan.

“Mau tambah AC, tambah sendiri. Tambah audio, tambah sendiri di pasar aftermarket (aksesoris--Red),” lanjut dia.

Interior Daihatsu Ayla tipe terbawah (Foto: B-Channel)

Ayla merupakan city car yang meluncur pada 2013 untuk mengisi segmen low cost green car (LCGC). Segmen kendaraan berkapasitas mesin kecil ini diinisiasi oleh pemerintah dan mendapatkan tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) spesial karena dirakit di dalam negeri dengan komponen lokal tinggi serta relatif ramah lingkungan.

Ayla 1.0 D MT, model yang kerap disebut sebagai mobil termurah di Indonesia oleh para warganet, dibekali mesin bensin berkode 1KR-DE 998 cc, DOHC yang dipadukan dengan transmisi manual.

Tampilan eksteriornya belum mengikuti desain terkini dari Ayla facelift yang meluncur pada Maret 2020. Peleknya pun masih model ‘kaleng’.

Ayla 1.0 D MT juga tidak memiliki fog lamp, airbag, alarm dan remote, maupun immobilizer. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang