Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Siap-Siap, Operasi Zebra Kembali akan Dilakukan Serentak

Berita Otomotif

Siap-Siap, Operasi Zebra Kembali akan Dilakukan Serentak

JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia melalui Korlantas akan menggelar Operasi Zebra serentak di seluruh Indonesia.

Operasi Zebra tersebut akan dilaukan selama 14 hari mulai dari 23 Oktober hingga 5 November 2019. Operasi ini diharapkan dapat memastikan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta menambah kepatuhan pengguna jalan.

“Berbeda dengan operasi lainnya, Operasi Zebra itu lebih mengedepankan penindakan hukum. Operasi Zebra, ditujukan agar warga semakin tertib berlalu lintas serta menekan angka kecelakaan di jalan.,” ungkap AKP Dodin Awaludin, Kasatlantas Polres Serang.

Dalam Operasi Zebra kali ini, pihak kepolisian akan memeriksa kelengkapan administrasi pengemudi dan ranmor (SIM dan STNK), penggunaan helm SNI, pengendara yang melawan arus, penggunaan safety belt, pengemudi dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang, penggunaan handphone saat mengemudi, melampaui batas kecepatan dan pengemudi ranmor di bawah umur.

Selain itu, kendaraan yang tidak layak untuk digunakan di jalan raya, kendaraan angkutan barang digunakan untuk mengangkut orang juga akan mendapat tindakan. Hal ini karena kendaraan tersebut dinilai berbahaya dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Operasi Zebra akan dilakukan dilakukan diseluruh Indonesia dengan nama yang berbeda-beda, sesuai dengan wilayah. Namun, umumnya penindakan yang dilakukan masih memiliki aturan serupa. Operasi ini terbilang cukup rutin dilakukan di Indonesia dan terbilang cukup efektif untuk menangkap para pelanggar lalu linas. Jumlah penindakan kendaraan pun terbilang besar setiap kali operasi Zebra dilakukan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang