Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ratusan Ribu Orang Ditilang Selama Operasi Zebra

Berita Otomotif

Ratusan Ribu Orang Ditilang Selama Operasi Zebra

JAKARTA – Operasi Zebra 2015 telah berakhir. Operasi yang berlangsung dari tanggal 22 Oktober hingga 4 November ini berhasil menilang ratusan ribu pengendara.

Di Polda Metro Jaya saja, tercatat ada 103.633 pelanggar lalu lintas yang berhasil ditilang.

"Jumlah tilang 103.633 dan jumlah teguran 9.546," tutur Kepala Bagian Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Sutimin.

Dalam penilangan tersebut, aparat kepolisian menyita Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), sepedamotor, dan mobil.

"Kami menyita barang bukti 38.844 SIM, 63.977 STNK, 774 sepedamotor, dan 38 mobil," kata AKBP Sutimin.

Selama Operasi Zebra Jaya 2015, aparat kepolisian melakukan penegakan hukum kepada pelaku pelanggaran melawan arus, naik-turun penumpang dan pelanggaran rambu berhenti serta parkir. Hasil target operasi tematik melawan arus 24.024, naik-turun penumpang 16.568, dan melanggar rambu berhenti serta parkir 11.119.

Selain itu, Polda Metro Jaya melakukan sidang di tempat selama Operasi Zebra Jaya 2015. Upaya ini dinilai efektif mengurangi percaloan karena hakim dan jaksa dihadirkan saat penilangan. Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Ipung Purnomo, mengatakan pelanggar aturan lalu lintas secara langsung berhadapan dengan aparat penegak hukum sehingga tidak bertemu calo.

"Pastinya. Di situ tidak ada calo. Orang dia langsung. kadang-kadang di pengadilan urusannya sama calo. Kalau ini lebih efektif dan efisien," tutur AKBP Ipung. Tujuan diadakan sidang di tempat untuk mempersingkat waktu. Apabila ada pelanggaran, maka pelaku ditilang, lalu diarahkan ke jaksa. Setelah itu diarahkan ke hakim yang menentukan vonis hukuman. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang