Baru Sehari, Operasi Zebra Jaya Sudah Tilang 5.622 Pelanggar

Berita Otomotif

Baru Sehari, Operasi Zebra Jaya Sudah Tilang 5.622 Pelanggar

JAKARTA – Operasi Zebra memang baru berlangsung 1 hari. Namun jumlah pelanggaran yang ditemukan sudah sangat banyak.

Tercatat, Operasi Zebra Jaya yang digelar oleh Polda Metro Jaya pada tanggal 22 Oktober 2015 telah berhasil menemukan 5.622 pelanggar lalulintas yang ditilang dan mayoritas adalah pesepedamotor.

"Total jumlah tilang pada operasi hari ini sebanyak 5.622 dan teguran sebanyak 769," kata Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto.

Dari 5.622 pelanggar, didominasi oleh pemotor sebanyak 3.725, mikrolet sebanyak 630, kendaraan pribadi sebanyak 541, taksi 287, kendaraan barang 213, bus 127 dan Metro Mini sebanyak 99.

"Untuk jenis pelanggaran paling banyak melanggar rambu-rambu lalulintas sebanyak 3.978 pelanggaran, seperti melanggar stop line, menerobos busway, lawan arus, menaikan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat dan melanggar marka," jelas AKBP Budiyanto.

Selain itu, 421 pemotor ditilang karena tidak menggunakan helm, tidak melengkapi kendaraan dengan surat-surat sebanyak 510 pelanggar, tidak menyalakan lampu utama pada siang hari sebanyak 214 pelanggar. Juga sebanyak 71 pengemudi mobil pribadi ditilang karena tidak menggunakan sabuk pengaman dan lain-lain.

Dari 5.622 pelanggar yang ditilang, polisi menyita barang bukti berupa 2.289 lembar SIM, 3.278 lembar STNK, 50 unit motor dan 5 unit mobil karena tidak dilengkapi surat-surat kendaraan.

Di hari pertama operasi, kecelakaan lalulintas terjadi 8 kasus dengan korban sebanyak 8 orang. Namun untungnya, tidak ada korban meninggal, hanya luka berat 3 orang dan luka ringan 5 orang.

"Kecelakaan didominasi oleh sepedamotor. Total ada 9 motor yang terlibat kecelakaan, angkutan umum 1 unit dan mobil pribadi 2 unit," tutup AKBP Budiyanto. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support