Setelah Mobil Listrik China & Amerika, Toyota Prius PHEV Jadi Taksi Blue Bird

Berita Otomotif

Setelah Mobil Listrik China & Amerika, Toyota Prius PHEV Jadi Taksi Blue Bird

TANGERANG – Blue Bird menambah lagi armada taksi ramah lingkungan mereka. Kali ini, Toyota Prius PHEV yang mereka ambil.

Blue Bird sudah menghadirkan armada taksi dengan teknologi elektrifikasi sejak 2019. Awalnya, mereka mengambil mobil listrik asal China dan Amerika Serikat.

Dari merek ‘Negeri Tirai Bambu’, operator taksi yang juga melantai di Bursa Efek Indonesia tersebut mengambil BYD e6 sebagai e-Blue Bird. Lalu, dari ‘Negeri Paman Sam’, mereka membeli Tesla Model X untuk dijadikan taksi premium e-Silver Bird.

mobil listrik China BYD e6

Pada 2021, giliran Prius PHEV yang menjadi taksi ramah lingkungan Blue Bird. Unitnya ditampilkan di booth Toyota selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, 11-21 November kemarin di Serpong, Tangerang.

Menilik keterangan resmi Toyota, Blue Bird sementara ini membeli empat unit Prius PHEV sebagai armada taksi mereka.

“Kerjasama dengan Blue Bird  ini merupakan salah satu wujud komitmen kami untuk senantiasa mendukung pemerintah dalam mengakselerasi dan mensosialisasikan teknologi ramah lingkungan untuk masa depan kehidupan yang lebih baik,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

Direktur Utama PT. Blue Bird Sigit Djokosoetono, melalui pernyataan pers, mengatakan pihaknya merasa bertanggungjawab untuk berkontribusi terhadap perbaikan lingkungan. Mereka pun bergerak sebagai katalis penerapan armada taksi ‘hijau’ yang minim emisi gas buang maupun polusi.

"Kami juga berharap kehadiran armada transportasi ramah lingkungan dapat semakin berkembang di Indonesia untuk memberikan keamanan dan kenyamanan mobilitas tak hanya bagi pengguna namun juga untuk masyarakat sekitar,” tutup Sigit.

mobil listrik China BYD e6

Prius PHEV meluncur di Indonesia pada Maret 2020, di awal masuknya pandemi Covid-19 di negara ini. Namun, penjualannya baru difokuskan pada korporasi untuk dijadikan sebagai fleet.

Di antara perusahaan yang telah menggunakannya adalah GoFleet.

Dapur pacu Prius PHEV mengandalkan mesin bensin 2ZR-FXE 1.8-liter berdaya puncak 96 hp, dengan torsi maksimal 142 Nm. Ini dipadukan dengan motor listrik 1 NM/ISM bertenaga 96 hp, dengan torsi 142 Nm.

Fitur-fiturnya antara lain Toyota Safety Sense, Blind Spot Monitoring, Hill Start Assist, Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System, Vehicle Stability Control. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar