Sergio Marchionne, Mantan CEO Fiat Meninggal Dunia

Berita Otomotif

Sergio Marchionne, Mantan CEO Fiat Meninggal Dunia

ZURICH – Sergio Marchionne, mantan Chief Executive Officer (CEO) Fiat Chrysler Automobile (FCA) meninggal dunia di usia 66 tahun. Ia wafat hanya beberapa hari setelah digantikan posisinya karena alasan kesehatan.

Marchionne terpaksa turun dari kursi CEO dan digantikan Mike Manley lima hari lalu. Kondisinya memburuk karena komplikasi pascaoperasi di bahu kanan. Ia, seperti diwartakan BBC pada Rabu (25/7/2018), menghembuskan napas terakhir di rumah sakit di Zurich, Swiss.

“Sayangnya, apa yang kami khawatirkan telah terjadi. Sergio Marchionne, seorang laki-laki dan teman, sudah tiada,” kata John Elkann, anggota keluarga Agnelli pemilik Fiat Group.

Elkann menyebut Marchionne sebagai orang yang sangat bertanggung jawab, terbuka, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

“Saya dan keluarga akan selalu berterimakasih atas semua jasa dia,” lanjutnya.

Marchionne dipandang sebagai sosok utama dari perkembangan Fiat Chrysler setelah menjadi CEO Fiat pada 2004. Salah satu jasa utamanya adalah pada 2009, ketika ia menjadi sosok kunci merger antara Fiat dengan Chrysler, pabrikan mobil ketiga terbesar di Amerika Serikat.

Proses merger keduanya berlangsung panjang. Pada 2009, Fiat baru mengakuisisi 20 persen saham Chrysler dan meningkat menjadi 53,5 persen dua tahun kemudian.

Pada tahun itu, Marchionne juga menjadi CEO Chrysler. Fiat dan Chrysler baru resmi menyatu pada 2014 di bawah kepemimpinannya.

Marchionne, pria kelahiran 17 Juni 1952, adalah pekerja keras. Di usianya, dia baru berencana pensiun pada 2019 setelah rencana bisnis 2014 – 2019 berakhir.

Ia juga perokok berat dan penikmat espresso. Baru pada 2017 ia meninggalkan dua hal ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support