Demo Tolak Ronaldo oleh Karyawan Fiat Tidak Berlangsung Mulus

Berita Otomotif

Demo Tolak Ronaldo oleh Karyawan Fiat Tidak Berlangsung Mulus

TURIN - Hanya ada lima karyawan Fiat Chrysler Automobiles (FCA) yang melakukan aksi demonstrasi penolakan pembelian Cristiano Ronaldo oleh Juventus dari Real Madrid.

Sebelumnya, disebutkan para karyawan akan melakukan aksi besar-besaran dengan cara demonstrasi dan pemogokan kerja atas pembelian pemain asal Portugal tersebut. Hal ini dikarenakan harga untuk membeli Ronaldo terbilang terlalu mahal.

Namun, ketika waktu pelaksanaan aksi demonstrasi ternyata hanya ada lima orang karyawan yang ikut serta. Jumlah tersebut bisa diartikan hanya 0,3 persen daro 1.700 karyawan yang mendukung aksi penolakan tersebut.

Demikian pula mogok massal yang diperkirakan akan menggangu jalannya produksi ternyata tidak sebesar yang dibayangkan. Pemogokan hanya terjadi satu shift saja saat kedatangan Ronaldo sementara pada shift berikutnya pabrik berjalan seperti biasanya.

“Aksi penolakan yang dipromosikan beberapa hari belakangan ini terbukti tidak berhasil,” ungkap Juru Bicara FCA.

Keluarga Agnelli selaku pemilik FCA dan Juventus memang memang bertanggung jawab atas pembelian Ronaldo ke Juventus. Sedikitnya, Juventus harus menggelontorkan dana sebesar 100 juta euro atau setara Rp 1,684 triliun pada Real Madrid ditambah beberapa dana tambahan senilai 12 juta euro (setara Rp 202 miliar).

Dana tersebut dinilai para pekerja FCA terlampau tinggi. Pasalnya mereka merasa bahwa selama ini sudah tidak mendapatkan kenaikan gaji dan bahkan dipecat dari pekerjaannya. Tak hanya itu, mereka pun merasa seharusnya perusahaan lebih memprioritaskan untuk mengembangkan model baru ketimbang membeli seorang pemain bola.

“Perusahaan seharus berinvestasi untuk membuat mobil yang menjamin masa depan ribuan orang ketimbang hanya memperkaya satu orang. Itu seharusnya menjadi tujuan, perusahaan harus menempatkan kepentingan karyawan mereka lebih dulu,” ungkap Sindacale di Base, serikat pekerja di Italia. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support