Terkait Kecurangan Data Emisi, Mobil-Mobil Diesel Fiat-Chrysler Diselidiki di Perancis

Berita Otomotif

Terkait Kecurangan Data Emisi, Mobil-Mobil Diesel Fiat-Chrysler Diselidiki di Perancis

PARIS - Setelah juga dilakukan di Amerika Serikat dan Inggris, kini giliran Pengadilan Perancis yang menyelidiki dugaan kecurangan data emisi gas buang mobil-mobil diesel Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

Jaksa Penuntut Umum Perancis telah membuka penyelidikan atas dugaan kecurangan dari kadar emisi mobil-mobil diesel milik Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Hal ini dilakukan atas laporan data dari regulator industri dalam negeri pusat Parfum dunia tersebut yang menyatakan ditemukaannya beberapa kendaraan diesel milik FCA melebihi batas emisi.

Seorang sumber di pengadilan Perancis mengatakan pada Reuters bahwa Kejaksaan telah membuka penyelidikan sejak 15 Maret 2017.

"Saya bisa mengkonfirmasi bahwa penyelidikan yudisial telah dibuka untuk mendalami laporan mengenai kasus tersebut," jelas sumber.

FCA sendiri telah meluncurkan pernyataan resmi bahwa mobil-mobil diesel miliknnya telah mematuhi persyaratan yang berlaku di Italia. Ini artinya semua kendaaan diesel yang beredar di daratan Eropa memiliki spesifikasi sama. 

Lebih lanjut, FCA sendiri tidak bisa mengomentari apa yang sedang dilakukan Jaksa Perancis saat ini. Namun FCA dapat memastikan bahwa akan kooperatif kepada para penyidik jika membutuhkan berbagai keterangan dari pihaknya. 

Dan apa yang terjadi di Perancis ternyata juga terjadi di Inggris dan Amerika Serikat. Penyelidikan masalah yang sama juga dihadapi FCA di sana. 

Jika nantinya benar-benar terbukti bersalah dalam dugaan pelanggaran perlindungan konsumen ini tentunya akan membawa dapat buruk pada penjualan FCA di masa depan. Akankah FCA bernasib sama dengan VW Group yang terjerat dieselgate dan mengalami kerugian luar biasa? Tunggu berita selanjutnya. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support