Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Download Gratis – iCar Asia Limited
4.4
33,336

Sepasang Kursi Mobil Butut Ini Dijual Rp 1,3 Miliar, Simak Alasannya

Berita Otomotif

Sepasang Kursi Mobil Butut Ini Dijual Rp 1,3 Miliar, Simak Alasannya

JAKARTA – Dua kursi mobil butut sedang dijual secara daring (online) dengan harga yang bikin geleng-geleng kepala. Soalnya, banderol dari si penjual bukan hanya jutaan, belasan, puluhan, atau ratusan juta melainkan miliaran rupiah.

Aksesoris atau komponen mobil mewah yang dijual mahal mungkin masih agak masuk akal. Seperti dilakukan seorang penjual online beberapa waktu lalu, yang menjajakan satu set ban Bugatti Veyron dengan harga USD 100 ribu atau sekitar Rp 1,47 miliar ( USD 1 = Rp 14.723).

Namun, bagaimana jika Anda melihat sepasang kursi mobil butut dengan harga miliaran? Luar biasanya, inilah yang terjadi sekarang.


Ya, sepasang kursi tua dengan kondisi memprihatinkan sedang ditawarkan di eBay dengan harga yang sepertinya benar-benar di luar logika. Nominal dari sang penjual, seperti dilaporkan Motor1 pada Selasa (6/10/2020), mencapai USD 90 ribu atau setara Rp 1,32 miliar.

Padahal, kondisinya amat kumal dan robek-robek. Saking kusamnya, warna merah kursi sudah amat pudar.

Tapi, alasan sang penjual memasang label harga segila itu adalah sejarah dari barang tersebut. Ia mengklaim kedua kursi tersebut berasal dari kendaraan prototipe yang General Motors (GM) perlihatkan dalam ajang Motorama Waldorf pada awal 1950-an.

Mobil konsep itu sendiri merupakan cikal bakal dari Chevrolet Corvette. Kursi-kursi ini bisa disebut sebagai bagian dari komponen pertama Corvette dan sudah berusia sekitar 70 tahun.

Si penjual juga menyertakan brosur promosi dari mobil konsep Corvette sebagai bagian dari barang yang dijajakan. Di dalamnya terdapat foto-foto detail dari berbagai bagian mobil, termasuk kursinya.


Pembeli bakal mendapatkan pula rekam jejak lengkap mengenai pemilik-pemilik terdahulu dari kedua kursi mobil konsep Corvette ini.

Tentu saja, dapat dilihat bahwa bukan kemewahan yang melatarbelakangi pemosisian harganya. Penjual merasa sejarah panjangnya sebagai bagian dari model kendaraan yang mewarnai perjalanan industri otomotif Amerika Serikat (AS) layak dibanderol hingga miliaran rupiah.


Apalagi, sejauh ini, belum diketahui apakah masih ada bagian komponen mobil konsep Corvette yang masih eksis.

Tetap saja, Rp 1,32 miliar merupakan nominal yang luar biasa tinggi untuk sebuah kursi mobil butut. Hanya orang kaya penggila otomotif sejati atau mereka yang punya keterikatan luar biasa dengan Corvette yang mungkin bersedia menggelontorkan uang sebesar itu. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar