Seluruh Dealer Mitsubishi di Indonesia Berubah Tampilan dalam 3 - 4 Tahun

Berita Otomotif

Seluruh Dealer Mitsubishi di Indonesia Berubah Tampilan dalam 3 - 4 Tahun

INDRAMAYU - Mitsubishi menargetkan untuk mempermak tampilan dealer mereka di Indonesia tanpa kecuali dalam 3 - 4 tahun ke depan, sesuai identitas korporat (Corporate Identity/CI) maupun identitas visual (Visual Identity/VI) terbaru.

Seperti diketahui, sejak tahun lalu, Mitsubishi mengubah ‘tampang’ jaringan penjualan dan purnajual di Indonesia dengan nuansa yang kental warna hitam sesuai CI terkini.

Satu ciri khas paling menonjol dari tampilan baru dealer Mitsubishi adalah keberadaan ‘Dynamic Slope’ pada sisi eksterior bagian depan. Perubahan-perubahan ini wajib dilakukan tak hanya kepada dealer kendaraan penumpang dan niaga ringan, namun juga kepada dealer truk dan bus.

Setia Hariadi, Kepala Pengembangan Jaringan 3S PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan bahwa dealer kendaraan penumpang dan niaga ringan menjadi prioritas terlebih dahulu. Saat ini, jumlahnya mencapai 141 outlet dan yang terakhir diresmikan adalah dealer Indramayu, Jawa Barat yang lagi-lagi menempel jaringan Toyota.

“Dealer baru yang sudah sepenuhnya menggunakan identitas korporat yang sekarang berjumlah sekitar 25 outlet. Kami juga mengganti tampilan sekitar 50 dealer lama sesuai identitas baru. Kota-kota besar menjadi fokus pertama karena kami ingin menjaga pencitraan merek (branding),” paparnya dalam konferensi pers dealer Indramayu pada Kamis (8/8/2019).

Menurut dia, mengganti penampakan semua dealer membutuhkan waktu. Soalnya, jaringan untuk mobil penumpang plus truk dan bus mereka secara akumulatif mencapai sekitar 311 outlet.

“Pasti butuh waktu. Tapi kami berkomitmen bahwa dalam 3 - 4 tahun bisa mengganti semua,” tegas dia.

Subsidi
Tentu saja, bagi dealer-dealer lama, perombakan yang diwajibkan oleh Mitsubishi membutuhkan biaya tambahan. Merek mobil asal Jepang ini sendiri bertanggungjawab dengan juga menyumbang mayoritas dana yang dibutuhkan untuk renovasi.

“Kami tetap memberikan komitmen dan dukungan dalam bentuk subsidi. Tapi, ada kewajiban dan kontribusi dari dealer juga untuk menjaga dan melakukan rekondisi. Nuansa warna hitam tidak hanya di eksterior tapi juga di interior... Kurang-lebih, subsidi dari kami mencapai 75 persen untuk penggantian identitas korporat serta identitas visual ini,” tambah Setia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar