Dealer di Indramayu Tempel Toyota, Mitsubishi: Tak Cocok di Sana Pindah ke Sini

Berita Otomotif

Dealer di Indramayu Tempel Toyota, Mitsubishi: Tak Cocok di Sana Pindah ke Sini

INDRAMAYU - Mitsubishi kembali membuka dealer baru dan kali ini Indramayu mencari incaran. Uniknya, lagi-lagi, lokasi dealer mereka bersebelahan dengan milik Toyota.

Seremoni pembukaan dealer hasil kerja sama antara PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dengan PT. Suryaputra Sarana (SS) tersebut berlangsung pada Kamis (8/8/2019). Outlet berfasilitas sales, service, spare parts (3S) ini adalah dealer kendaraan penumpang serta kendaraan niaga ringan pertama Mitsubishi di Indramayu.

“Ini juga merupakan dealer kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi ke-141 di seluruh Indonesia,” kata Michimasa Kono selaku Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI dalam seremoni.

Dealer berada di Jl. Gatot Subroto No. 503, Kab. Indramayu. Luas lahannya 1.994 meter persegi, dengan luas bangunan 1.523 meter persegi.

“Nilai investasi kami, dengan luas lahan sekitar 2.000 meter persegi, mencapai Rp 17,2 miliar termasuk tanah, bangunan, dan peralatan-peralatan untuk servis,” ucap Anum Senopati, Direktur SS menjawab pertanyaan Mobil123.com ketika konferensi pers.

Uniknya, persis di samping dealer Mitsubishi satu ini, berdiri dealer Toyota. Menurut Teten Herawati selaku Komisaris Utama SS, hal tersebut ‘merupakan ketidaksengajaan’.

“Kebetulan saya mendapatkan tanah yang straight (lurus) di dekat dealer Toyota. Itu kebetulan karena di jalan ini tanah yang straight sudah habis. Tempat ini, kan, juga strategis. Di sebelahnya ada Toyota, tetangga-an. Tapi tidak apa-apa kami jadi bersaing lebih semangat, lah,” paparnya.

Aksi tempel-menempel ini bukan yang pertama terjadi. Beberapa dealer baru mereka pun demikian, seperti yang ada di Jl. Sudirman, Jakarta.

Setia Hariadi, Kepala Pengembangan Jaringan 3S MMSKI, menambahkan bahwa penambahan outlet mereka tidak selalu harus berdekatan dengan kompetitor, dalam hal ini Toyota, karena proses pembelian tanah diserahkan ke partner usaha. Tapi, jika itu terjadi, akan menjadi nilai tambah bagi Mitsubishi.

“Bisnis otomotif ini sama dengan bisnis grosir. Jadi, kalau satu bisnis ini kumpul di area yang sama sangat menguntungkan kami karena memudahkan konsumen memilih dan membeli mobil. Kalau harga kurang cocok di sana, mereka kan bisa datang ke sini,” tukas dia.

Urusan servis, dealer Mitsubishi Indramayu dapat menampung hingga 25 kendaraan sehari. Ini didukung 4 stall kendaraan penumpang, 1 stall kendaraan niaga, 1 stall inspeksi dan 2 stall Mitsubishi Quick Pit (MQP). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar