Sebelum Mudik, Pastikan Kondisi Mobil dengan Mengecek Bagian-bagian Ini

Panduan Pembeli

Sebelum Mudik, Pastikan Kondisi Mobil dengan Mengecek Bagian-bagian Ini

JAKARTA – Perjalanan mudik benar-benar bakal ‘menyiksa’ kendaraan, sehingga pengemudi wajib memastikan kondisi mobil prima. Caranya adalah dengan melakukan pre-trip inspection di berbagai bagian kendaraan.

Tradisi mudik seakan sudah menjadi sebuah ritual wahib bagi mayoritas umat Muslim di Indonesia setiap hari raya Idul Fitri. Mereka melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman sejauh ratusan, bahkan mungkin ribuan kilometer.

Masih banyak pula yang membawa kendaraan sendiri sewaktu mudik, sehingga kemacetan parah di jalur mudik menjadi pemandangan biasa. Dalam keadaan seperti itu, mobil yang tak siap akan merepotkan pengemudi dan para penumpangnya di tengah jalan, belum lagi jika akhirnya memicu kecelakaan.

Memperhitungkan waktu servis kendaraan berdasarkan jarak yang ditempuh sepanjang mudik sangat penting. Akan tetapi, pre-trip inspection pun tak kalah vital.

Ada beberapa bagian yang harus dicek dalam pre-trip inspection. Di antaranya adalah petrol, oil, water, electrical, dan rubber atau dapat disingkat menjadi ‘POWER’ agar lebih gampang diingat. Petrol mengacu pada level bahan bakar dan oil mengacu pada kondisi pelumas kendaraan seperti oli mesin, oli rem, oli transmisi otomatis.

Adapun water, electrical plus rubber mengacu pada hal-hal seperti ketersediaan cairan pendingin radiator, cairan pembersih kaca, kelistrikan, karet wiper, hingga tekanan serta kondisi ban. Khusus kondisi ban wajib benar-benar diperiksa karena inilah satu-satunya komponen yang langsung berinteraksi dengan permukaan jalan.

Pastikan visual ban masih bulat sempurna, tidak rata di satu titik. Pastikan pula alur maupun kedalaman tapak ban bagus melalui Tread Wear Indicator (TWI).

TWI adalah indikator keausan ban berupa gambar segitiga yang terdapat di sisi samping (sidewall). Jika permukaan ban sudah menyentuh ujung segitiga, tandanya ban sudah aus dan tak aman digunakan.

Lebih bagus lagi jika pre-trip insepection mencakup komponen lebih luas yakni bodi, aki, radiator, oli, minyak (rem, kopling, BBM), electric, tali kipas, elemen-elemen keselamatan serta perkakas darurat, sampai dengan rem. Agar lebih mudah disimpan di memori, semua bagian itu bisa disingkat sebagai ‘BAROMETER’. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support