Amankah Berkendara dengan Paku Menancap di Ban?

Panduan Pembeli

Amankah Berkendara dengan Paku Menancap di Ban?

JAKARTA – Di Indonesia khususnya di kota besar seperti Jakarta, paku sering kali disebar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Aksi tersebut tentu berbahaya bila dilindas oleh ban mobil. Namun, ban mobil kini umumnya sudah tubeless sehingga biasanya masih bisa berjalan meski dengan paku sudah tertancap cukup dalam.

Lantas, masih bolehkan ban tersebut digunakan? Dilansir dari YourMechanics, menggunakan ban yang sedang tertancap paku sebenarnya masih aman selama perjalanan hanya untuk jarak pendek. Dari posisi mobil ke tukang tambal ban misalnya. Namun bila digunakan untuk beraktivitas maka resiko ban meledak akan sangat besar dan membuat pengemudi kehilangan kendali dari mobil.

Tak hanya itu, bila paku sudah tertancap terlalu lama, lubang pada ban dapat melebar dan membuatnya semakin sulit diperbaiki. Bila lubang ban sudah tidak bisa diperbaiki, maka satu-satunya cara agar mobil bisa digunakan adalah dengan mengganti ban rusak dengan yang baru.

Lantas apa yang seharusnya dilakukan bila melihat ada paku di ban?

Pertama, jangan sentuh paku tersebut. Bila paku tersebut tertancap cukup dalam, kemungkinan paku tersebut masih bisa menutup lubang sehingga udara tidak keluar. Anda masih bisa menggunakan ban tersebut untuk setidaknya ke tukang tambal ban.

Tukang tambal ban akan memperbaiki bila memang kondisinya masih memungkinkan. Namun bila tidak bisa, maka Anda harus mengganti ban tersebut dengan yang baru.

Bila udara dalam ban sudah habis, maka mau tidak mau Anda harus mengganti ban tersebut dengan ban cadangan. Pastikan Anda menggantinya di tempat aman dan memasang segitiga pengaman serta menyalakan lampu darurat saat melakukannya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual