Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Amankah Berkendara dengan Paku Menancap di Ban?

Panduan Pembeli

Amankah Berkendara dengan Paku Menancap di Ban?

JAKARTA – Di Indonesia khususnya di kota besar seperti Jakarta, paku sering kali disebar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Aksi tersebut tentu berbahaya bila dilindas oleh ban mobil. Namun, ban mobil kini umumnya sudah tubeless sehingga biasanya masih bisa berjalan meski dengan paku sudah tertancap cukup dalam.

Lantas, masih bolehkan ban tersebut digunakan? Dilansir dari YourMechanics, menggunakan ban yang sedang tertancap paku sebenarnya masih aman selama perjalanan hanya untuk jarak pendek. Dari posisi mobil ke tukang tambal ban misalnya. Namun bila digunakan untuk beraktivitas maka resiko ban meledak akan sangat besar dan membuat pengemudi kehilangan kendali dari mobil.

Tak hanya itu, bila paku sudah tertancap terlalu lama, lubang pada ban dapat melebar dan membuatnya semakin sulit diperbaiki. Bila lubang ban sudah tidak bisa diperbaiki, maka satu-satunya cara agar mobil bisa digunakan adalah dengan mengganti ban rusak dengan yang baru.

Lantas apa yang seharusnya dilakukan bila melihat ada paku di ban?

Pertama, jangan sentuh paku tersebut. Bila paku tersebut tertancap cukup dalam, kemungkinan paku tersebut masih bisa menutup lubang sehingga udara tidak keluar. Anda masih bisa menggunakan ban tersebut untuk setidaknya ke tukang tambal ban.

Tukang tambal ban akan memperbaiki bila memang kondisinya masih memungkinkan. Namun bila tidak bisa, maka Anda harus mengganti ban tersebut dengan yang baru.

Bila udara dalam ban sudah habis, maka mau tidak mau Anda harus mengganti ban tersebut dengan ban cadangan. Pastikan Anda menggantinya di tempat aman dan memasang segitiga pengaman serta menyalakan lampu darurat saat melakukannya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang