Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

10 Komponen Kendaraan yang Harus Diperhatikan Sebelum Mudik

Panduan Pembeli

10 Komponen Kendaraan yang Harus Diperhatikan Sebelum Mudik

JAKARTA – Shop & Drive mengingatkan masyarakat untuk memeriksa kembali kendaraannya sebelum melakukan perjalanan mudik.

Hal ini karena mudik memerlukan mobil yang prima karena perjalanan terbilang cukup jauh dan kondisi lalu lintas pun tidak bisa diprediksi. Sedikitnya ada 10 komponen yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik.

1. Kelistrikan dan Air Aki

Pengecekan pada sistem kelistrikan aki bertujuan untuk mengetahui tingkat voltase aki. Apabila tingkat voltase lemah, maka dapat mengakibatkan mobil sulit dihidupkan atau aki soak di tengah perjalanan mudik. Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika air aki kering, maka akan merusak komponen lain di dalam kendaraan

2. Oli mesin, Transmisi, Gardan

Oli mesin, transmisi, maupun gardan juga tidak dapat diabaikan dalam pengecekan. Dengan melihat fungsinya yang sangat penting dalam mengurangi gesekan antar komponen, maka penggantian oli menjadi hal penting untuk dilakukan dalam upaya mencegah kerusakan komponen, overheating, menurunnya kualitas mesin, dan borosnya penggunaan bahan bakar.

3. Shock Absorber

Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk menyerap guncangan saat kendaraan melewati gundukan atau lubang. Shock Absorber yang rusak dapat mengurangi kenyamanan berkendara.

4. Filter Udara

Filter udara penting untuk dibersihkan untuk mencegah tarikan mesin berkurang, pemborosan bahan bakar, suara mesin kasar, dan mesin tidak bekerja dengan sempurna.

5. Filter Oli dan AC

Agar perlindungan oli terhadap mesin bekerja maksimal dan membuat mesin terawat dengan baik, filter oli yang berfungsi untuk menyaring kotoran pada oli juga tidak boleh luput dari pengecekan sebelum melakukan perjalanan mudik. Tidak hanya itu, filter AC juga wajib diperiksa agar dapat menyaring udara kotor yang dapat menimbulkan penyakit jangka panjang bagi seluruh penumpang dalam mobil.

6. Tekanan Angin

Menjaga tekanan angin dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan mudik, mampu membuat jarak pengereman yang lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun tikungan, menjaga daya tahan ban dengan lebih baik, serta dapat menghemat bahan bakar.

7. Minyak Rem

Rem merupakan hal vital selama berkendara. Minyak rem yang kotor dapat menurunkan fungsi kerja rem, sehingga harus dilakukan pengecekan rutin untuk kualitas minyak rem.

8. Air Radiator

Sistem pendinginan mesin juga harus dijaga dengan cukupnya air radiator untuk menjaga komponen radiator agar tidak kekurangan air dan menyebabkan mesin panas atau overheat.

9. Kondisi Wiper Blade

Wiper memerlukan pengecekan rutin, agar pandangan pengemudi ketika melakukan perjalanan mudik jernih dan tidak terganggu dengan segala kotoran yang menempel.

10. Lampu Utama dan Lampu Sein

Terakhir, cek kondisi lampu utama maupun lampu sein, apakah lampu tersebut masih layak digunakan atau tidak. Juga periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang