Saksikan Detik-Detik Pintu BMW Terbang saat Ngebut 280 km/jam

Berita Otomotif

Saksikan Detik-Detik Pintu BMW Terbang saat Ngebut 280 km/jam

NURBURGRING - Sebuah mobil balap BMW kehilangan pintunya saat dipacu dengan kecepatan tinggi, beruntung kejadian ini tidak mengakibatkan kecelakaan.

Kejadian ini terjadi di sirkuit Nurburgring, Jerman saat BMW dari tim balap Setra Motorsport melakukan pengujian. Dan kejadian ini tentu sangat berbahaya karena bisa saja merusak mobil lain atau menjadi pemicu kecelakaan.

Kejadian bermula saat pintu penumpang depan tampak mulai bergetar. Getaran itu semakin intens terlebih saat dipacu melewati jalan lurus.

Kondisi jalan di track Nurburgring juga tampak bergelombang. Kemudian, sesaat setelah melewati Porsche 911 bergaris biru, pintu tiba-tiba terbang terlempar saat jalan mulai menikung ke kiri.

Pada kejadian tersebut, BMW Setra Motorsport sedang dipacu dengan kecepatan 280 km/jam. Dan cukup mengkhawatirkan, jika dilihat dari posisinya, pintu tersebut terbang ke jalur Porsche 911 yang baru saja dilewati, tidak dijelaskan secara rinci apakah pintu tersebut menghantamnya.

Pengemudi BMW sendiri tampak kaget dan melirik ke arah rangka pintu untuk sesasat mengamati kondisi mobil. Kondisi kabin juga mulai berisik dengan suara angin dan tak lama kemudian si pengemudi mengarahkan mobilnya ke jalur masuk pit serta masuk ke paddock.

Waduh, Pintu BMW ini Terbang saat Ngebut 280 km/jam
Singkat kata, dalam video dalam waktu 1 jam, pintu kanan mobil balap BMW Sentra Motorsports sudah kembali ke tempatnya. Tim berusaha untuk mencegah kejadian terulang, namun selain memasang pintu secara normal, tampak penanganan konvensional, memperkuat posisi pintu diberikan lakban di sekelilingnya.

Mobil balap tersebut kemudian kembali ke track untuk melanjutkan aksinya. Dan sepertinya baik-baik saja.

Waduh, Pintu BMW ini Terbang saat Ngebut 280 km/jam
Pelajaran yang bisa diambil dengan kejadian ini, harusnya pintu mobil balap dilengkapi pin kunci seperti pada kap mesin. Pin di kap mesin sendiri dipasang untuk mengantisipasi lepasnya kait utama. Hal ini untuk menjaga agar kap mesin tidak terbuka saat digunakan pada kecepatan tinggi yang dapat berakibat fatal, karena dapat menutupi windshield hingga memcahkannya.

Pertanyaannya, apakah penggunaan pin pada pintu akan mempersulit saat terjadi kecelakaan karena menghambat proses evakuasi darurat?. Secara teknis tentu semua bisa didiskusikan untuk mencari solusi terbaik [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar