Renault Kiger, SUV Murah yang Bersiap Meluncur pada 2021 di Indonesia

Berita Otomotif

Renault Kiger, SUV Murah yang Bersiap Meluncur pada 2021 di Indonesia

JAKARTA – Renault Kiger, SUV yang di India akan berharga amat murah, dipastikan juga bakal meluncur di Indonesia pada 2021.

Renault Kiger dijadwalkan resmi mengaspal di India pada kuartal satu tahun depan, dengan ekspektasi harga mulai dari 5,5 lakh (Rp 105,89 juta). Sebelum itu terjadi, Renault sudah memperlihatkan versi showcar (mobil eksebisi) Kiger pada November kemarin.

PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku agen tunggal pemegang merek di Indonesia melalui keterangan resmi mengumumkan bahwa SUV kompak ini pun siap hadir di Indonesia. Kiger menjadi satu dari berbagai produk baru yang meluncur plus dijual di Nusantara pada 2021.

“Renault KIGER nantinya adalah sebuah pelengkap dalam rangkaian lini produk Renault di Indonesia. Kami ingin menawarkan B-SUV terbaru dengan kepribadian ganda, yaitu 80 persen urban modernity dan 20 persen outdoor ability,” ujar Davy J Tuilan, Chief Operating Officer MRI, secara tertulis pada Selasa (15/12/2020).

Sekadar mengingatkan, Renault sudah dua tahun belakangan mencoba bangkit kembali lewat ATPM baru. Dalam jangka waktu tersebut, pabrikan mobil asal Prancis ini sudah merilis dua mobil murah (MPV Triber dan city car Kwid Climber) ditambah satu SUV medium Koleos.

Lebih lanjut, Kiger lahir dari studio desain Renault di Paris. SUV dengan panjang tak sampai 4 meter ini dibangun di atas platform CMF-A+ yang juga digunakan oleh Triber maupun saudara satu aliansi Nissan Magnite.

Renault Kiger showcar punya tampilan sangat unik dengan jendela belakang miring, spoiler terintegrasi di atap, dan kaca spion meruncing dirancang layaknya sayap pesawat. Bagian bawah terlihat lebih berbobot dengan roda 19 inci dan ban tebal. Ada pula roof rails, skid plates depan-belakang, maupun ground clearance tinggi.

Renault Kiger showcar memiliki garis-garis bodi amat menonjol, knalpot ganda yang menimbulkan kesan sporty, dan lampu depan-belakang LED berdesain keren.  Warna “Aurora Borealis” miliknya dapat berubah tergantung sudut pengelihatan dan pencahayaan. Sistem infotainment layar sentuhnya kompatibel dengan Android Auto maupun Apple CarPlay.

“Dengan Renault Kiger showcar ini, Renault telah mendemonstrasikan garis besar Kiger yang akan memberikan pilihan baru bagi pelanggan yang mencari B-hatchback, B-SUV, upgrade dari segmen mobil entry-level. Renault juga akan melayani dengan baik pangsa pasar di Indonesia,” ucap Rudy Salim selaku Managing Director MRI. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar