Gagal jadi Juara MotoGP 2020, Quartararo Masih Dapat Hadiah BMW M2 CS

Berita Otomotif

Gagal jadi Juara MotoGP 2020, Quartararo Masih Dapat Hadiah BMW M2 CS

PORTIMAO – Fabio Quartararo diganjar satu unit BMW M2 CS sebagai pembalap yang meraih kualifikasi terbaik di MotoGP 2020.

Meskipun kehilangan peluang untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2020, Quartararo boleh berbangga diri untuk setidaknya bisa menyingkirkan Marc Marquez. Sebelumnya pembalap Repsol Honda tersebut meraih penghargaan serupa selama tujuh kali berturut-turut.

Sejak 2013, Marquez mampu meraih gelar pembalap dengan hasil kualifikasi terbaik. Ia sudah menerima BMW M6 Coupe, M4 Coupe, M6 Spider, M2 Coupe, M4 CS, M3 CS, hingga X4 M akhir musim lalu.

Sebelum era kejayaan Marquez, Valentino Rossi juga sempat merasakan manisnya hadiah yang dipersembahkan oleh BMW ini. Setidaknya The Doctor meraih tiga unit mobil, setelah menjadi peraih kualifikasi terbaik. Catatan Rossi sama dengan seterunya saat itu yakni Casey Stoner.

MotoGP 2020 memang penuh kejutan. Selain balapan yang ditunda karena Covid-19, musim ini diwarnai dengan cederanya beberapa pembalap. Satu yang menjadi sorotan adalah cedera Marquez hingga absen semusim penuh.

Secara total, Marquez hanya mengikuti balapan MotoGP 2020 sebanyak satu seri saja. Sisanya pria asal Spanyol tersebut absen dengan berbagai gosip di dalamnya. Selain kehilangan gelarnya musim ini yang direbut Joan Mir bersama Suzuki Ecstar, gelar kualifikasi terbaik juga direbut oleh Quatararo.
Fabio Quartararo
Quartararo pada musim ini meraih empat kali kualifikasi terbaik. Pembalap dengan nomor start 20 ini mencetak 225 poin sehingga dinobatkan sebagai kualifikasi terbaik. Quartararo mendapatkan empat pole position musim ini.

“Musim ini sangat gila dan menyenangkan. Saya sangat senang karena bisa meraih gelar dari BMW M Award ini. Ini merupakan penghargaan terhormat dari BMW M GmBH kepada para pembalap. Terima kasih atas apresiasinya dan BMW M2 CS seperti mobil balap dan tampilannya menyenangkan,” ucap Quartararo.

BMW M2 CS merupakan unit spesial dan pertama kalinya dibangun pabrikan asal Jerman tersebut di kelas kompak premium. Kendaraan ini dibekali dengan mesin 3.0-Liter enam-silinder segaris dengan M TwinPower turbo. Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimum 450 hp dan torsi puncaknya 550 Nm.

Mesin itu didukung oleh transmisi M DCT (Double Clutch Transmission) 7-percepatan. Dirancang dengan sasis M, BMW M2 CS mampu digeber 0 – 100 km/jam dalam waktu 4 detik saja. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar