Quartararo Menang di Catalunya dengan Ban Hancur

Berita Otomotif

Quartararo Menang di Catalunya dengan Ban Hancur

BARCELONA – Fabio Quartararo bisa saja dikalahkan oleh Joan Mir jika balapan sirkuit Catalunya lebih banyak satu lap.

Pada MotoGP Catalunya 2020, rider Petronas Yamaha tersebut kembali ke jalur kemenangan. Pengguna nomor start 20 ini cukup menyakinkan sejak awal. Melalui kemenangan ini, Quartararo juga membuktikan kualitasnya sebagai pembalap dan membungkam kritik publik.

Pembalap kelahiran Perancis ini beberapa kali mencetak waktuu tercepat. Dengan memanfaatkan slip streaming, Ia berhasil menyingkirkan Rossi dari posisi kedua. Lalu tidak lama kemudian, hal yang sama juga dilakukan pada rekan satu timnya yakni Franco Morbidelli.

Ketiga pembalap tersebut di atas menggunakan kompon ban yang sama yaitu soft – soft. Manuver yang terlalu berani dengan memanfaatkan teknik late braking tidak terlalu banyak dimainkan oleh para pembalap.

Quartararo hanya terlihat sesekali menggunakan trik sliding untuk menempel pesaing di depannya. Para pembalap saling bermain aman agar bisa menghemat ban hingga akhir lomba. Salah satu korban dari ban kompon soft ini adalah Valentino Rossi. The Doctor menyudahi balapan lebih cepat karena kehilangan grip ban depannya.
Fabio Quartararo
Usai mengambil alih pimpinan lomba, Quartararo masih berusaha untuk menjauh dari kerumunan. Di samping itu, Morbidelli yang berada di belakangnya juga terlihat kepayahan untuk menyamai ritme.

Jarak antara Quartararo berkisar 3 detik sehingga menjadi tontonan yang membosankan. Namun di balik kesuksesannya memenangkan balapan, Ia juga mengalami degradasi ban belakang yang cukup parah. Dalam keadaan ban belakang hancur, Ia pasrah jika harus kehilangan kemenangannya.

“Saya hanya melihat Franco dari pit board. Sadar tidak bisa menahan dia, jadi saya putuskan tidak melihat pit board lagi selama beberapa lap. Ketika melihatnya lagi, jaraknya ternyata sudah 3.8 detik di belakang. Di saat itulah saya sadar bahwa ban sudah benar-benar hancur. Jika balapan lebih banyak satu lap, saya mungkin finish kedua,” ucap Quartararo usai lomba. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar