Porsche Setop Memproduksi Mobil Bermesin Diesel

Berita Otomotif

Porsche Setop Memproduksi Mobil Bermesin Diesel

STUTTGART – Porsche menegaskan bahwa mereka tidak akan lagi menyegarkan model-model bermesin diesel mereka saat ini. Merek yang menjadi bagian dari Volkswagen (VW) Group tersebut memilih fokus pada pengembangan mobil hybrid dan listrik.

Porsche sekarang hanya memiliki dua model bermesin diesel yaitu Macan S Diesel dan Panamera 4S Diesel. Keduanya dipastikan bakal didiskontinyu.

“Tidak akan ada lagi mobil diesel dari Porsche di masa depan,” ujar Oliver Blume, Chief Executive Officer (CEO) Porsche, seperti dikutip dari Motor Authority pada awal pekan ini.

Keputusan ini tak lepas dari semakin ketatnya standar emisi gas buang dari banyak negara maju dan menurunnya permintaan model bermesin diesel Porsche. Sebagai gambaran, pada tahun lalu, model-model bermesin diesel hanya berkontribusi 12 persen dari total penjualan Porsche secara global.

Isu mengenai rencana Porsche memberhentikan produksi dan penjualan mobil bermesin diesel sendiri sudah muncul ke permukaan sejak Februari. Akan tetapi, ketika itu, seorang pejabat senior menyatakan pihaknya belum ‘mengetuk palu’.

Porsche mulai menawarkan mobil diesel pada 2009. Namun, skandal pemalsuan data emisi gas buang menimpa VW Group pada 2015 dan sport utility vehicle (SUV) Porsche Cayenne varian diesel menjadi salah satu model yang terkena.

Bisnis VW Group sempat goyah dan permintaan pasar terhadap mobil-mobil diesel di berbagai merek milik grup otomotif ini pun terpengaruh, tak terkecuali Porsche. Padahal, mereka hanya mendapat mesin diesel dari ‘saudara’ satu grup yakni Audi.

“Kami tak pernah mengembangkan dan membuat mesin diesel kami sendiri. Tetapi, citra kami tetap tercoreng. Krisis skandal diesel telah menyebabkan banyak masalah untuk kami,” papar Blume.

Seperti juga VW Group, Porsche serius memulai transisi dari mobil bermesin konvensional ke mobil hybrid maupun listrik murni. Sekarang, mereka sudah mempunyai dua model hybrid yakni Cayenne E-Hybrid dan Panamera E-Hybrid.

Tahun depan, mobil sport  listrik Taychan akan meluncur. Diharapkan, mobil hybrid dan listrik berkontribusi 25 persen dari penjualan Porsche di seluruh dunia pada 2025. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support