Inden Toyota Corolla Cross Hybrid Hingga Akhir 2020

Berita Otomotif

Inden Toyota Corolla Cross Hybrid Hingga Akhir 2020

JAKARTA – Peminat Toyota Corolla Cross hybrid di Indonesia saat ini jauh lebih banyak daripada versi mesin bensinnya. Para pemesannya pun rela inden cukup lama.

Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), di sela-sela konferensi pers virtual Yaris facelift pada 8 September 2020, menginformasikan bahwa penerimaan masyarakat terhadap model hybrid terbaru mereka yaitu Corolla Cross hybrid cukup baik. Kontribusinya mencapai 70 persen dari total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Corolla Cross yang berjumlah sekitar 300 unit pada Agustus kemarin.

Sekadar mengingatkan, Corolla Cross mengaspal di Indonesia pada 6 Agustus 2020. Hanya ada dua tipe yang dipasarkan yakni mesin bensin 1.8-liter seharga Rp 457,8 juta on-the-road (OTR) Jakarta serta mesin hybrid 1.8-liter seharga Rp 497,8 juta OTR Jakarta.


“300 unit itu boleh dibilang cukup baik. Indennya lebih banyak untuk tipe hybrid. Sebanyak 70 persennya hybrid atau sekitar 200 unit,” ucap dia.

Sport utility vehicle (SUV) terbaru Toyota itu sendiri masih diimpor secara utuh dari Thailand. Pasokan untuk tipe hybrid sendiri baru datang pada November.

“Pasokan dari Thailand untu hybrid sendiri harus menunggu sampai setidaknya November. Tergantung warnanya, bisa menunggu sampai November atau Desember. Tapi untuk yang tipe mesin bensin bisa kami cover untuk menyuplai konsumen di bulan ini (September),” papar Anton.


Permintaan terhadap Corolla Cross hybrid di Indonesia melebihi perkiraan. Awalnya, Toyota hanya berekspektasi kontribusinya di sekitar 40 persen dari total SPK.

Corolla Cross hybrid sempat menjadi model hybrid termurah di Indonesia selama satu bulan. Status tersebut kemudian digantikan oleh Nissan Kicks e-Power yang harganya Rp 449 juta OTR Jakarta.


Corolla Cross  punya satu fitur unik yaitu Near-Field-Communication (NFC) pada head unit 9 incinya. Fitur-fitur lain adalah Audio Steering Switch, AC Digital Dual Zone, Multi Information Display 4,2 inci, Voice Command, Sunroof, Wiper with Rain Sensor, Smart Entry, Auto Fold Mirror, serta Head Unit 9 inci dengan berbagai kemampuan termasuk NFC.

Untuk keselamatan, ada pula sistem pengereman ABS+EBD, 3 Pointed Seat Belt with Pretensioner and Force Limiter, 7 Airbag, Hills Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control, Emergency Brake Signal, Sensor Parkir Depan dan Belakang, Rear Parking Camera, Immobilizer, Alarm. Tapi belum ada Toyota Safety Sense seperti di Thailand. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar