Toyota Corolla Cross Punya Fitur NFC Buat Cek Saldo Uang Elektronik

Berita Otomotif

Toyota Corolla Cross Punya Fitur NFC Buat Cek Saldo Uang Elektronik

JAKARTA – Toyota Corolla Cross punya fitur unik yaitu Near-Field-Communication (NFC), yang biasanya ada di gawai pintar atau smartphone. Dengan fitur ini, pemilik atau pengemudi bisa mengecek saldo uang elektronik.

Sport utility vehicle (SUV) lima penumpang ini merupakan model terbaru Toyota di Indonesia yang baru saja meluncur pada Kamis (6/8/2020) secara virtual. Tersedia hanya dalam dua tipe, harga on-the-road Jakartanya adalah Rp 457,8 juta untuk mesin bensin 1.8-liter dan Rp 497,8 juta bagi yang bermesin hybrid. Keduanya sama-sama menggunakan transmisi otomatis CVT.

Ada satu fitur spesial dalam Corolla Cross yang mungkin baru pertama kali ada pada sebuah mobil di Indonesia yaitu NFC. Bahkan, fitur ini tidak dimiliki model untuk pasar Thailand yang menjadi basis produksi sekaligus tempat debut globalnya.

“Ini spesifikasi khusus untuk Indonesia,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) dalam konferensi pers pascapeluncuran via aplikasi Zoom.

NFC ini terdapat pada head unit berukuran 9 inci di dasbor tengah SUV tersebut. Cara pengoperasiannya juga diklaim mudah.

“Enggak perlu akses internet. Di dalam head unit ada menunya, tinggal tempelkan kartu dan nanti akan langsung keluar info saldo dari kartu tersebut. Kapan saja bisa digunakan,” terang dia.

Namun, sementara ini NFC baru bisa digunakan untuk uang elektronik dari Bank Mandiri yaitu E-Money atau E-Toll. Soalnya, proses agar bisa kompatibel dengan uang elektronik dari masing-masing bank cukup memakan waktu.

“Antarbank itu harus komunikasi satu per satu dan membutuhkan waktu juga. Melihat bahwa yang paling banyak digunakan konsumen adalah dari Bank Mandiri, jadi fokus kami ke sana dulu. Tapi enggak menutup kemungkinan dari bank-bank lain nantinya juga. Tapi kami harus berkomunikasi dulu dan lain-lain,” papar Anton.

Fitur-fitur Corolla Cross di Indonesia beragam, meski tak selengkap di Thailand. Ada Audio Steering Switch, AC Digital Dual Zone, Multi Information Display 4,2 inci, Voice Command, Sunroof, Wiper with Rain Sensor, Smart Entry, Auto Fold Mirror serta Head Unit 9 inci dengan berbagai kemampuan termasuk NFC.

Fitur-fitur keselamatannya terdiri dari sistem pengereman ABS+EBD, 3 Pointed Seat Belt with Pretensioner and Force Limiter, 7 Airbag, Hills Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control, Emergency Brake Signal, Sensor Parkir Depan dan Belakang, Rear Parking Camera, Immobilizer dan Alarm. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar