Nissan Kicks e-Power Meluncur di Indonesia, Harganya Rp 449 Juta

Mobil Baru

Nissan Kicks e-Power Meluncur di Indonesia, Harganya Rp 449 Juta

JAKARTA – Nissan Kicks e-Power resmi mengaspal di Indonesia. Harganya sendiri tak sampai Rp 450 juta on-the-road Jakarta.

Kicks e-Power meluncur secara virtual pada Rabu (2/9/2020) via akun YouTube resmi Nissan Indonesia. Sport utility vehicle (SUV) berukuran kompak ini menjadi model Nissan pertama di Nusantara yang mengusung teknologi e-Power serta One-Pedal Operation. Negeri ini juga menjadi salah satu negara pertama di dunia yang memperkenalkan dan memasarkan teknologi tersebut.

“Jadi, mobil terbaru kita ini, All-New Nissan Kicks e-Power, harganya Rp 449 juta on-the-road Jakarta,” ucap Bagus Susanto, Marketing Director PT. Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) di dalam peluncuran virtual.

Isao Sekiguchi, President Director NMDI, mengatakan Kicks e-Power merupakan SUV kompak inovatif. Mobil ini ia klaim memiliki tenaga dan performa mobil listrik yang memiliki torsi alias ‘jambakan’ kuat plus suara senyap, tapi tak perlu dicas.

Pada sistem e-Power, roda-roda sepenuhnya digerakkan motor penggerak listrik. Mesin bensinnya eksis hanya untuk mengecas baterai. Mesin juga mengalirkan listrik untuk motor penggerak ketika dibutuhkan. Konsumsi bahan bakarnya pun diklaim efisien.

e-Power, menurut Sekiguchi, dihadirkan karena konsumen saat ini sudah tertarik dengan mobil listrik. Namun, mereka masih ragu dan khawatir mengenai ketersediaan infrastruktur pengecasan.

“Ini adalah mobil listrik yang tak memerlukan pengecasan,” tegasnya.

Kicks e-Power diberkahi pula teknologi One-Pedal Operation. Dengannya, akselerasi maupun deselerasi cukup dilakukan dengan menambah atau mengurangi tekanan kaki pada pedal gas.

Spesifikasi dan Rincian Fitur Nissan Kicks e-Power

Kicks e-Power dipersenjatai mesin bensin 1.2-liter DOHC, 12-valve, tiga silinder. Melalui generator dan inverter, mesin menyuplai daya bagi baterai lithium-ion atau menggerakkan motor listrik EM57.

Sistem e-Power menggelontorkan daya maksium 127 hp dan torsi puncak 260 Nm. Teknologi ini menghadirkan pengalaman berkendara yang benar-benar seperti mobil listrik murni.

Ground clearance-nya 175 mm. Adapun kapasitas bagasi 423 liter.

Untuk fitur keselamatan, Kicks e-Power dilengkapi Nissan Safety Shield System. Di dalamnya ada Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking System pertama di kelasnya.

Ada pula Blind Spot Warning, Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Trace Control, dan Hill Start Assist. Untuk kenyamanan, disediakan fitur Intelligent Cruise Control.

Kicks e-Power menampilkan gril depan Double V-Motion, lampu depan LED dengan logo 'Kicks', desain floating roof, pelek 17 inci. Interiornya sudah dilengkapi jok kulit dengan kursi berteknologi Zero Gravity untuk mengurangi kelelahan saat menyetir. Ada pula Head Unit layar sentuh.

“Kicks e-Power punya empat pilihan warna. Ada two-tone yaitu oranye-hitam dan putih hitam. Lalu ada abu-abu dan metalik,” tutup Bagus. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar